Semua Mata Tertuju pada Masjidil Haram, Kiswah Kakbah akan Diganti Sabtu Ini

Kamis, 28 Juli 2022 - 07:33 WIB
loading...
Semua Mata Tertuju pada Masjidil Haram, Kiswah Kakbah akan Diganti Sabtu Ini
Pengrajin menghiasi Kiswah Kakbah dengan benang berlapis emas di Arab Saudi. Foto/saudi ministry
A A A
RIYADH - Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Dr Abdul Rahman Al-Sudais mengumumkan tim yang terdiri dari 200 teknisi dan pengrajin saudi akan menangani proses penggantian kain penutup atau Kiswah Kakbah pada Sabtu (30/7/2022).

"Kiswah Kakbah yang disulam halus oleh tim pengrajin Arab Saudi, yang menutupi Kakbah suci di Masjidil Haram akan diganti dengan yang baru, menandai pergeseran dari kebiasaan lama satu dekade menggantikannya dari malam Arafat sesuai keputusan yang dikeluarkan baru-baru ini," ungkap Dr Abdul Rahman Al-Sudais.

Semua Mata Tertuju pada Masjidil Haram, Kiswah Kakbah akan Diganti Sabtu Ini


Pengawasan Kepresidenan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi mengatakan Kiswah lama akan diganti dengan yang baru di bawah pengawasan Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Dr Abdul Rahman Al-Sudais

Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menekankan minat pemimpin Saudi di Kakbah suci, kiblat umat Islam, dan keinginannya memanfaatkan semua kemampuan dalam pelayanan Islam dan umat Islam.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal untuk urusan Kiswah Kakbah mengatakan sekitar 200 pengrajin dan admin bekerja di Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Kakbah Suci.



Departemen kompleks itu termasuk departemen binatu dan tenun otomatis, departemen tenun manual, departemen percetakan, departemen sabuk dan departemen benang emas, penjahit kiswah dan bagian perakitan, yang mencakup mesin jahit komputerisasi terbesar di dunia dalam hal panjang, dengan panjang 16 meter.

Pembuatan Kiawah mengkonsumsi sekitar 670 kilogram sutra mentah yang diwarnai hitam di dalam kompleks.

Biaya produksi kiswah baru, diperkirakan mencapai SAR 25 juta, yang menjadikannya penutup kain termahal dalam sejarah.

Kiswah terbuat dari sutra mentah yang diwarnai hitam dan dihiasi ayat-ayat Alquran yang disulam ke kain dengan benang berlapis emas.

Kiswah dijahit di Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Kakbah Suci, sesuai dengan standar tertinggi.

Kiswah biasanya diganti setiap tahun pada malam Arafah, puncak haji ketika sebagian besar jamaah melakukan perjalanan ke Gunung Arafah di pinggiran Mekah untuk apa yang dikenal sebagai Hari Arafah.

Namun, Presiden Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Syekh Dr Abdulrahman bin Abdulaziz Al-Sudais, mengatakan Instruksi Kerajaan telah dikeluarkan bahwa penggantian harus dilakukan pada awal Muharram atau Sabtu, 30 Juli 2022, yang menandai awal tahun baru Islam 1344 H.

Setelah Kiswah diganti, versi yang baru dicetak yang menutupi Kakbah akan tetap di tempatnya sampai haji tahun depan.

Proses penggantian Kiswah dilakukan oleh staf Kepresidenan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Mereka memastikan bahwa semua tindakan pencegahan dan sarana pencegahan dan keselamatan telah dilaksanakan.

Kiswah memiliki luas keseluruhan 658 meter persegi dan mengkonsumsi sekitar 670 kilogram sutra mentah berkualitas tinggi dan 120 kg benang emas dan 100 kg benang perak.

Benang sutra beratnya sekitar 850 kilogram, dilapisi dengan kapas, dan dihiasi dengan prasasti emas.

Sulaman berisi 15 kg benang emas. Terdiri dari 47 potong kain dan masing-masing bagian memiliki panjang 14 meter dan lebar 101 cm. Kiswah dililitkan di sekitar Kakbah dan dipasang pada dasarnya dengan cincin tembaga.

Untuk melengkapi Kiswah, 47 lembar kain dijahit bersama untuk membuat lima bagian penutup yang terpisah.

Untuk masing-masing dari 4 sisi Kakbah, bagian dari Kiswah dibuat khusus dan diukur karena Kakbah, bukan kubus geometris, memiliki sisi dengan dimensi yang berbeda.

Setelah selesai, potongan-potongan itu dijahit menjadi satu. Bagian kelima meliputi pintu Kakbah.

Kiswah memiliki ikat pinggang (hizam dalam bahasa Arab) melingkarinya, di dekat bagian atas. Ada juga sitara atau tirai di atas pintu Kakbah.

Kiswah membawa sejumlah prasasti rumit di bawah ikat pinggang, termasuk ayat-ayat Alquran dan permohonan doa kepada Allah, serta nama-nama raja yang memerintah Arab Saudi.

Sabuk Kakbah terdiri dari 16 buah, 12 lampu di bawah ikat pinggang, empat bemper ditempatkan di sudut Kakbah dan lima lampu di atas Hajar Aswad, bersama dengan tirai luar untuk pintu Kakbah.

Setelah dilepas, Kiswah yang sudah pensiun secara tradisional dipotong-potong untuk dibagikan kepada pejabat khusus di departemen haji atau diberikan kepada negara-negara Muslim.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)