Israel Terima Lebih Banyak Yahudi Rusia Dibanding dari Ukraina

Rabu, 27 Juli 2022 - 12:05 WIB
loading...
Israel Terima Lebih Banyak Yahudi Rusia Dibanding dari Ukraina
Yahudi asal Rusia semakin banyak pindah ke Israel setelah perang di Ukraina. Foto/rferl.org
A A A
TEL AVIV - Israel menghadapi gelombang masuk orang-orang Yahudi Rusia yang jumlahnya lebih besar daripada orang Yahudi Ukraina.

Para pejabat Israel berjuang menangani masuknya orang-orang Yahudi Rusia saat mereka melarikan diri dari dampak sanksi ekonomi Barat yang melumpuhkan.

Setelah pasukan Rusia menyerang Ukraina pada Februari, para pejabat Israel menghadapi gelombang orang Yahudi Ukraina. Israel pun memulai persiapan menampung para pengungsi.



Sebaliknya, lebih banyak orang Yahudi tiba di Israel dari Rusia daripada dari Ukraina, menurut angka resmi yang diperoleh Haaretz.

Sekitar 200.000 orang Ukraina dan 600.000 orang Rusia memenuhi syarat untuk imigrasi ke Israel di bawah Hukum Pengembalian Israel, menurut Institute for Jewish Policy Research.

Setiap orang di dunia dengan satu kakek-nenek Yahudi atau pasangan Yahudi memenuhi syarat untuk kewarganegaraan Israel.



Tetapi proses verifikasi, yang dikenal secara lokal sebagai “Aliyah,” dapat memakan waktu berminggu-minggu karena otoritas Israel menjalankan pemeriksaan latar belakang dan memerlukan dokumen verifikasi.

Namun, pihak berwenang Israel telah melonggarkan proses untuk pengungsi Ukraina dengan mempertimbangkan urgensi dan dampak konflik.

Menurut angka Dewan Keamanan Nasional Israel (NSC), total 8.371 imigran Yahudi Ukraina tiba di Israel antara 24 Februari dan 8 April.

Di sisi lain, 12.593 orang Rusia datang sebagai imigran pada periode yang sama, peningkatan besar dari 7.700 orang Rusia yang mendarat di Israel sepanjang tahun 2021.

Di antara para pengungsi Ukraina, 4.750 orang diberi izin khusus untuk terbang ke Israel bahkan sebelum mereka menyelesaikan dokumen, proses yang bisa memakan waktu berminggu-minggu.

Orang-orang Yahudi Rusia belum ditawari konsesi yang sama. Namun, mereka telah menemukan cara melompati penghalang dengan terbang ke Israel memakai visa turis dan memulai proses aplikasi kewarganegaraan begitu mereka berada di negara itu.

Sebagian besar warga Rusia tiba di Israel dengan visa turis seperti ini sejak konflik dimulai pada 24 Februari.

Penerbangan Rusia

Sejak awal operasi Moskow di Ukraina, sejumlah besar warga Rusia telah meninggalkan negara itu, menjadi eksodus Rusia terbesar dalam sejarah modern.

Sementara Ukraina melarikan diri dari kehancuran yang disebabkan pemboman dan penembakan, warga Rusia melarikan diri karena alasan lain.

Beberapa dari mereka mengaku menolak tindakan militer Rusia terhadap Ukraina.

Sementara yang lain mengeluh sanksi ekonomi yang melumpuhkan yang dikenakan Amerika Serikat (AS), Uni Eropa dan negara-negara lain telah mempengaruhi mata pencaharian mereka, karena perusahaan-perusahaan internasional telah menghentikan operasi mereka di Rusia.

Beberapa laporan menunjukkan sekitar satu juta orang Rusia telah melarikan diri ke negara-negara yang tidak memerlukan visa untuk warga Rusia, seperti Georgia dan Armenia.

Beberapa tujuan imigrasi populer lainnya termasuk Turki dan Azerbaijan. Dubai, Yunani, Bulgaria, Serbia, dan bahkan Amerika Latin juga telah menerima sejumlah besar imigran Rusia.

Di tengah tingginya permintaan untuk Aliyah, Kementerian Dalam Negeri Israel tidak dapat menawarkan janji selama berbulan-bulan.

Eksodus Ukraina Melambat

Sementara itu, jumlah orang Yahudi Ukraina yang terbang ke Israel telah menurun dalam beberapa pekan terakhir.

Hal itu terbukti dari penurunan jumlah orang yang tinggal di tempat penampungan di Ukraina, Polandia dan negara-negara tetangga lainnya yang dijalankan Jewish Agency, badan pemerintah Israel yang membantu upaya imigrasi.

Kementerian Dalam Negeri Israel mengumumkan pada awal Maret bahwa hanya "halachic" Yahudi Ukraina, mereka yang lahir dari ibu Yahudi, yang akan diterima di Israel.

Di bawah hukum Israel, orang Yahudi yang ingin berimigrasi ke Israel diminta membawa keluarga mereka jika mereka juga ingin mendapat manfaat dari hak kewarganegaraan.

Jika keluarga mereka tetap tinggal, mereka tidak diizinkan untuk mendaftar secara terpisah nanti.

Kebijakan ini secara efektif berarti pemisahan keluarga, karena Ukraina melarang pria berusia antara 18 dan 60 tahun meninggalkan negara itu dan mengirim mereka ke garis depan pertempuran.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)