Institut Polandia Klasifikasikan Kucing sebagai Spesies Invasif Asing

Rabu, 27 Juli 2022 - 00:13 WIB
loading...
Institut Polandia Klasifikasikan Kucing sebagai Spesies Invasif Asing
Institut di Polandia klasifikasikan kucing sebagai spesies invasif asing. Foto/Ilustrasi
A A A
WARSAWA - Sebuah lembaga ilmiah Polandia telah mengklasifikasikan kucing domestik sebagai "spesies invasif asing," dengan alasan kerusakan yang ditimbulkannya pada burung dan satwa liar lainnya.

Keputusan ini pun mendapatkan tentangan dari beberapa pecinta kucing dan menempatkan pendapat ahli dalam pembelaannya.

Seorang ahli biologi di Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia yang dikelola negara, Wojciech Solarz, tidak siap dengan respons publik yang tidak setuju ketika dia memasukkan "Felis catus," nama ilmiah untuk kucing rumahan, ke dalam database nasional yang dijalankan oleh akademi Institut Konservasi Alam.

"Basis data sudah memiliki 1.786 spesies lain yang terdaftar tanpa keberatan," kata Solarz seperti dikutip dari The Associated Press,Rabu (27/7/2022).

Spesies asing invasif No. 1.787, bagaimanapun, adalah makhluk yang sangat dicintai sehingga sering dihormati di kuburan Polandia yang disediakan untuk kucing dan anjing.



Solarz menggambarkan konsensus ilmiah yang berkembang bahwa kucing domestik memiliki dampak berbahaya pada keanekaragaman hayati mengingat jumlah burung dan mamalia yang mereka buru dan bunuh.

"Kriteria untuk memasukkan kucing ke dalam spesies alien invasif, 100% dipenuhi oleh kucing," terangnya.

Dalam segmen televisi yang ditayangkan oleh stasiun televisi independen TVN, ahli biologi minggu lalu berhadapan dengan seorang dokter hewan yang menentang kesimpulan Solarz tentang bahaya yang ditimbulkan kucing terhadap satwa liar.

Dorota Suminska, penulis buku berjudul "Kucing Bahagia," menunjuk penyebab lain menyusutnya keanekaragaman hayati, termasuk lingkungan yang tercemar dan fasad bangunan perkotaan yang dapat membunuh burung yang sedang terbang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)