Agama Warga Negara Australia dan Persentasenya

Selasa, 26 Juli 2022 - 14:41 WIB
loading...
Agama Warga Negara Australia dan Persentasenya
Sejumlah orang terlihat dalam siluet di depan Sydney Opera House saat matahari tenggelam di Australia. Foto/REUTERS/Steven Saphore
A A A
CANBERRA - Berdasarkan data Australian Bureau of Statistic (ABS) pada 2021, mayoritas agama yang dianut warga Australia adalah Kristen dengan jumlah mencapai 43,9%.

Sementara warga Australia yang mengaku tidak beragama sebanyak 38,9%. Survei ABS itu juga menyebutkan, selain agama Kristen, agama Islam, Hindu, serta Buddha juga dianut oleh warga Australia.

Berikut agama warga negara australia dan persentasenya.

1. Kristen (43,9%)

Pada akhir abad ke-18, agama Kristen diperkenalkan oleh Inggris. Kelompok pertama pemukim dan narapidana Inggris termasuk orang yang memeluk berbagai denominasi Kristen, walaupun pada mulanya hanya Gereja Inggris (Anglikan) yang didirikan secara resmi.

Pemukim Eropa terus membawa gereja-gereja tradisional ke Australia termasuk Gereja Katolik, Presbiterium, Metodis, Kongregasionalis, Lutheran, serta Baptis.

Jumlah pemeluk agama Kristen di Australia menurun dari 12,2 juta pada 2016 menjadi 1,1 juta pada 2021. Aliran Kristen terbesar di Australia adalah Anglikan dan Katolik.

2. Islam (3,2%)

Islam di Australia diperkirakan hadir sebelum pemukiman Eropa. Pada 1861, masjid Australia pertama dibangun di Maree, Australia Selatan, menyusul kedatangan penunggang unta dari Afghanistan pada 1800-an.

Sejak Perang Dunia II, semakin banyak pemeluk agama Islam yang bermukim di Australia. Mereka berasal dari Timur Tengah, Eropa, serta Asia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)