5 Negara yang Membeli Senjata dari Israel, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Selasa, 26 Juli 2022 - 03:00 WIB
loading...
5 Negara yang Membeli Senjata dari Israel, Salah Satunya Tetangga Indonesia
5 Negara yang Membeli Senjata dari Israel, Salah Satunya Tetangga Indonesia. FOTO/Israel Aerospace
A A A
JAKARTA - Israel menjadi salah satu negara pengekspor senjata internasional terbesar di dunia selama lima tahun terakhir. Sedikitnya ada lima negara yang mengimpor senjata dari negara tersebut.

Melansir dari The Times of Israel, Israel menyumbang 2,4% dari ekspor senjata internasional pada tahun 2017 hingga 2021. Israel adalah importir senjata terbesar ke-14, menyumbang 1,9% dari pangsa global.



Sementara 92% pemasok senjata Israel berasal dari AS, sebagian besar jet F-35 dan drown, diikuti oleh pengiriman dari Jerman dan Italia. Jerman memasok kapal selam Israel.

Dari besarnya ekspor senjata yang dilakukan Israel terdapat beberapa negara yang menerima senjata ini. Mayoritas negara penerimanya berasal dari Timur Tengah.

Berikut 5 Negara yang Membeli Senjata dari Israel :

1. India
India dikabarkan telah menerima spyware dari Israel sebagai bentuk kesepakatan pembelian senjata pada tahun 2017 dari laporan New York Times. Meskipun hal ini sempat ditentang oleh pemerintah India.

Namun sebuah laporan menyebutkan bahwa Israel telah menyetujui penjualan paket senjata canggih dan peralatan intelijen senilai sekitar USD2 miliar dengan Pegasus dan sistem rudal pada India.

Sebuah penyelidikan oleh konsorsium global media menunjukkan bagaimana spyware berbahaya buatan Israel digunakan oleh pemerintah di seluruh dunia untuk memata-matai para pembangkang dan jurnalis melalui ponsel mereka.

2. UEA
Uni Emirate Arab telah melakukan impor senjata dari Israel berupa the Barak 8 atau Spyder air defence missile systems. Hal ini dilakukan UEA sebagai antisipasi pertahanan dan juga menunggu senjata dari Korea Selatan yang direncanakan akan tiba pada 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2094 seconds (0.1#10.140)