Pejabat AS Ketakutan dengan Perang Biologis Lewat DNA

Senin, 25 Juli 2022 - 15:40 WIB
loading...
Pejabat AS Ketakutan dengan Perang Biologis Lewat DNA
Pegawai swasta Emilia menunjukkan formulir tes DNA oleh NIFTY di Warsawa, Polandia. Foto/REUTERS/Kuba Stezycki
A A A
WASHINGTON - Biosampel yang dikumpulkan berbagai layanan pengujian DNA dapat dijual dan digunakan untuk mengembangkan senjata biologis yang dirancang khusus untuk menargetkan kelompok atau bahkan individu tertentu.

Klaim itu diungkapkan anggota parlemen Amerika Serikat (AS) di Forum Keamanan Aspen. Kekhawatiran serupa telah lama disuarakan pejabat Rusia.

“Sekarang ada senjata yang sedang dikembangkan, dan dikembangkan, yang dirancang untuk menargetkan orang-orang tertentu,” papar anggota DPR AS Jason Crow dari Colorado yang merupakan anggota Komite Intelijen DPR.



“Itulah apa ini, di mana Anda benar-benar dapat mengambil DNA seseorang, mengambil profil medis mereka, dan Anda dapat menargetkan senjata biologis yang akan membunuh orang itu atau membawa mereka keluar dari medan perang atau membuat mereka tidak dapat dioperasikan,” ujar dia.

Mengingat ancaman itu, Crow menambahkan, itu mengganggu bahwa harapan privasi untuk data pribadi telah berkurang selama 20 tahun terakhir, sampai-sampai orang muda memiliki "harapan privasi yang sangat sedikit" dan siap memberikan data mereka ke perusahaan swasta, seperti layanan pengujian DNA.



"Orang-orang akan dengan cepat meludah ke dalam cangkir dan mengirimkannya ke 23andMe dan mendapatkan data yang sangat menarik tentang latar belakang mereka," papar Crow.

“Dan coba tebak? DNA mereka sekarang dimiliki perusahaan swasta. Itu dapat dijual dengan sangat sedikit perlindungan kekayaan intelektual atau perlindungan privasi,” tutur dia.

Dia menambahkan AS perlu membuat pedoman baru untuk perlindungan data kesehatan pribadi, termasuk DNA, “karena data itu sebenarnya akan diperoleh dan dikumpulkan oleh musuh kita untuk pengembangan sistem ini.”

Moskow telah memperingatkan tentang bahaya pengumpulan sampel DNA yang tidak terkendali selama bertahun-tahun.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan kembali pada 2017 bahwa menurut badan intelijen Rusia, sampel biologis diambil “dengan sengaja dan profesional” di seluruh Rusia oleh berbagai LSM dan organisasi lain untuk tujuan yang tidak jelas.

“Selama beberapa tahun terakhir, Pentagon telah secara signifikan memperluas potensi penelitiannya tidak hanya di bidang pembuatan senjata biologis, tetapi juga memperoleh informasi tentang resistensi antibiotik dan keberadaan antibodi terhadap penyakit tertentu pada populasi di wilayah tertentu,” papar Letnan Jenderal Igor Kirillov, kepala Pasukan Perlindungan Radiasi, Kimia dan Biologi Rusia, mengklaim pada Mei.

Dalam serangkaian pengarahan yang dimulai pada Maret, militer Rusia telah memberikan bukti dugaan keterlibatan Pentagon dalam mendanai biolaboratorium di Ukraina.

Menurut Komite Investigasi Rusia, AS menggelontorkan lebih dari USD224 juta untuk penelitian biologi di Ukraina antara tahun 2005 dan awal 2022.

Sementara Washington mengakui dukungannya terhadap 46 fasilitas penelitian biologi di Ukraina selama 20 tahun terakhir, Washington menegaskan itu semua adalah bagian dari proyek kesehatan masyarakat yang damai.

Militer AS menuduh Rusia dan China “menyebarkan disinformasi dan menabur ketidakpercayaan” tentang upayanya membersihkan dunia dari senjata pemusnah massal.

Media Barat menolak klaim tersebut sebagai teori konspirasi dan fiksi ilmiah.

Kekhawatiran atas senjata biologis yang disesuaikan melampaui data DNA manusia, menurut Senator Joni Ernst (dari Partai Republik Iowa), anggota Subkomite Senat untuk Ancaman dan Kemampuan yang Muncul dan Komite Layanan Bersenjata, yang berbicara di panel dengan Crow.

“Musuh Amerika juga dapat mengarahkan bioweapon secara khusus pada ternak dan tanaman AS untuk menciptakan krisis ketahanan pangan,” papar dia.

“Ada beberapa cara kita dapat melihat senjata biologis dan kebutuhan untuk memastikan tidak hanya kita mengamankan manusia, tetapi juga makanan yang akan menopang kita,” tambah Ernst.

Laporan yang dikeluarkan awal tahun ini oleh Komisi Peninjauan Ekonomi dan Keamanan AS-China menyebut suatu hari nanti China dapat mencoba mengobarkan perang biologis melawan tanaman Amerika yang dimodifikasi secara genetik, mengingat meningkatnya "ketertarikan pada pertanian AS" dan kekayaan intelektual terkait transgenik.

“Sementara minat utama China dalam memperoleh benih modifikasi genetika (GM) dari Amerika Serikat adalah untuk meningkatkan hasil panennya, potensi persenjataan IP pertanian dimungkinkan,” ujar dia.

“Mirip dengan meretas kode komputer, Beijing dapat dengan mudah meretas kode atau DNA benih GM AS dan melakukan biowarfare dengan menciptakan beberapa jenis penyakit busuk yang dapat menghancurkan tanaman AS,” tutur dia.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1115 seconds (0.1#10.140)