Ini Alasan Rusia Merudal Pelabuhan Odesa yang Tuai Kecaman Dunia

Senin, 25 Juli 2022 - 09:31 WIB
loading...
Ini Alasan Rusia Merudal Pelabuhan Odesa yang Tuai Kecaman Dunia
Rusia merudal pelabuhan Odesa, Ukraina, pada Sabtu atau hanya sehari setelah kedua pihak sepakat membebaskan pelabuhan itu untuk ekspor biji-bijian terbaru. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Rusia mengungkap alasan militernya meluncurkan serangan rudal terhadap pelabuhan Odesa, Ukraina , yang menuai kecaman dari para pemimpin dunia.

Serangan itu terjadi setelah Rusia dan Ukraina--yang ditengahi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Sekjen PBB Antonio Guterres--sepakat membiarkan pelabuhan itu beroperasi untuk ekspor biji-bijan terbaru.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan serangan rudalnya menargetkan sebuah kapal militer Ukraina dan senjata yang dikirim oleh Amerika Serikat (AS).



"Rudal jarak jauh presisi tinggi yang diluncurkan dari laut menghancurkan kapal perang Ukraina yang berlabuh dan persediaan rudal anti-kapal yang dikirim oleh Amerika Serikat ke rezim Kiev," kata kementerian itu, seperti dikutip AFP, Senin (25/7/2022).

"Pabrik perbaikan dan upgrade tentara Ukraina juga telah rusak," lanjut kementerian tersebut.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengecam serangan yang berlangsung pada Sabtu lalu--yang terjadi hanya satu hari setelah Moskow dan Kiev mencapai kesepakatan untuk melanjutkan ekspor dari pelabuhan Odesa. Zelensky menyebut serangan itu sebagai "kebiadaban Rusia".

Zelensky mengatakan serangan di Odesa menunjukkan Moskow tidak dapat dipercaya untuk menepati janjinya dan bahwa dialog dengan Moskow menjadi semakin tidak dapat dipertahankan.

“Kebiadaban Rusia yang nyata ini membawa kita lebih dekat untuk mendapatkan senjata yang kita butuhkan untuk kemenangan kita,” kata Zelensky dalam pidatonya.

Para pejabat Ukraina mengatakan gandum sedang disimpan di pelabuhan pada saat serangan rudal, meskipun stok makanan tampaknya tidak terkena.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1658 seconds (0.1#10.140)