Biden Terus Batuk dan Tubuh Sakit, 2 Hari setelah Positif Covid-19

Minggu, 24 Juli 2022 - 05:45 WIB
loading...
Biden Terus Batuk dan Tubuh Sakit, 2 Hari setelah Positif Covid-19
Presiden AS Joe Biden. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Gejala Covid-19 Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden "terus membaik" dan dia menoleransi pengobatan dengan baik.

Pernyataan itu diungkapkan dokter Gedung Putih pada Sabtu (23/7/2022), dua hari setelah pria berusia 79 tahun itu dinyatakan positif mengidap virus tersebut.

“Biden yang mengasingkan diri di Gedung Putih, menyelesaikan hari kedua penuh Paxlovid pada Jumat malam,” tulis dokternya Kevin O'Connor dalam memorandum kepada sekretaris pers Gedung Putih.

Baca juga: WHO Tetapkan Cacar Monyet sebagai Darurat Global, 75 Negara Terjangkit

“Pemimpin AS terus mengalami sakit tenggorokan, pilek, batuk dan nyeri tubuh, tetapi itu tidak terlalu merepotkan,” ujar O'Connor.

“Dan denyut nadi, tekanan darah, laju pernapasan, dan suhunya tetap normal sepenuhnya," ungkap dia.

Baca juga: Foto Erdogan dengan Putin Dicap sebagai Tantangan bagi NATO

Dia menambahkan, “Saturasi oksigennya terus sangat baik di udara ruangan, sementara paru-parunya bersih."

Dia menulis Biden akan terus menggunakan Paxlovid, serta menggunakan Tylenol dan inhaler untuk batuknya “sesuai kebutuhan.”

“Presiden tidak mengalami sesak napas sama sekali," ujar O'Connor.

Dia mengatakan hasil pengurutan utama menunjukkan Biden kemungkinan besar telah terkena subvarian Omicron BA.5 yang sangat menular, yang saat ini memicu gelombang Covid baru di Amerika Serikat.

Sementara Biden dilaporkan dalam kesehatan umum yang baik, sebagai presiden AS tertua yang pernah terpilih, usianya meningkatkan kekhawatiran atas dampak Covid.

Gedung Putih telah menekankan sejak diagnosis Biden bahwa presiden telah sepenuhnya divaksinasi dan dua kali ditingkatkan.

O'Connor menegaskan kembali presiden akan terus mengisolasi diri sesuai dengan pedoman dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Dia menjelaskan, timnya akan terus memantaunya dengan cermat.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)