Spesifikasi Belgorod K-329, Kapal Selam Kiamat Buatan Rusia dengan Kemampuan Mengerikan

Jum'at, 22 Juli 2022 - 19:08 WIB
loading...
Spesifikasi Belgorod K-329, Kapal Selam Kiamat Buatan Rusia dengan Kemampuan Mengerikan
Kapal selam Rusia, Belgorod, disebut sebagai kapal selam kiamat karena kemampuannya yang mengerikan. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
JAKARTA - Rusia tak henti-hentinya mengembangkan berbagai persenjataan militer yang canggih. Negara yang dipimpin Vladimir Putin ini dikenal sebagai salah satu kekuatan militer terkuat di dunia.

Salah satu hasil ciptaan Rusia yang cukup menarik adalah Belgorod K-329, sebuah kapal selam yang memiliki julukan ‘Kapal Selam Kiamat’. Pada 8 Juli 2022 lalu Angkatan Laut Rusia menerima kapal selam tersebut di galangan kapal Sevmash di Severodvinsk.

Meski spesifikasinya belum detail terungkap, namun Belgorod dianggap sebagai kapal selam terbesar di dunia, setidaknya melihat dari 30 tahun ke belakang. Dikutip dari Military Factory, Belgorod merupakan kapal selam bertenaga nuklir kelas project 949A ‘Antei’. Kode NATO-nya adalah Oscar II.



Melihat dari desainnya, Belgorod K-329 memiliki ukuran yang cukup besar. Dimensinya meliputi panjang lambung hingga 603,7 kaki. Secara internal, kapal ini memiliki kapasitas hingga 110 awak yang bisa dipecah menjadi beberapa tim operasi.

Sedangkan pada fungsinya, Belgorod K-329 bisa digunakan untuk berbagai misi. Termasuk melakukan ekspedisi ilmiah hingga operasi penyelamatan di daerah terpencil di lautan.

Daya tahannya sendiri, kapal selam Rusia ini bisa bertahan hingga 120 hari tergantung pada penyimpanan dan persediaan makanan di kapal. Dengan reaktor nuklir kembar, Belgorod memiliki daya jangkauan yang tidak terbatas. Kecepatan maksimalnya sendiri diketahui bisa mencapai 32 knot.



Spesifikasi Kapal Selam Kiamat Rusia Belgorod K-329:

-Pembuat : Sevmash (Rusia)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)