Corby, jutawan dari kisah jahatnya? Ini reaksi Menlu Australia

Sabtu, 08 Februari 2014 - 14:05 WIB
Corby, jutawan dari kisah jahatnya? Ini reaksi Menlu Australia
Corby, jutawan dari kisah jahatnya? Ini reaksi Menlu Australia
A A A
Sindonews.com - Schapelle Corby warga Australia berjuluk “Ratu Mariyuana” yang dibebaskan bersyarat dari penjara Kerobokan, Bali, akan menjadi jutawan, setelah kisahnya di penjara dibukukan.

Pemerintah Australia ikut mengkritik komersialisasi dari kejahatan warganya itu. Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, mengatakan, Pemerintah Australia, percaya bahwa pada prinsipnya, orang tidak harus mendapatkan keuntungan dari kejahatannya.

”Tapi kondisi ini muncul. Diambil tindakan atau tidak, akan menjadi masalah bagi Kepolisian Federal Australia dan Direktur Penuntut Umum,” kata Bishop kepada wartawan, Sabtu (8/2/2014). ”Pemerintah dalam hal ini independen,” katanya lagi.

Menurut Bishop, Corby mungkin butuh privasi dan waktu bersama keluarganya setelah dibebaskan dari penjara Indonesia. Jika itu memang menjadi permintaannya, dia minta media untuk menghormatinya.

Corby ditangkap pada tahun 2004 karena menyelundupkan 4,2 kilogram mariyuana melalui Bandara Ngurah Rai. Dia divonis 20 tahun penjara oleh pengadilan. Namun, setelah menjalani hukuman sembilan tahun penjara, dia mendapatkan pembebasan bersyarat.

Namun, pembebasan Corby mejadi sorotan tersendiri, karena jutaan dolar dari honor untuk buku “My Story” telah menanti. Buku itu berisi kisahnya menyelundupkan mariyuana hingga menjalani hidup di penjara Kerobokan yang ditulis berdasarkan wawancara, dengan koordiantor penulis, Kathryn Bonella. ”Ini akan menjadi kejutan lengkap ketika dia keluar dari penjara,” ujar Bonella, seperti dikutip ABC.

Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, kemarin, juga menyindir komersialisasi kisah hidup warganya itu, dengan mengacu pada sumber yang menyebut Corby berhak atas USD3 juta atas buku itu. ”Kejahatan tidak harus dibayar,” ucap Abbott.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6011 seconds (0.1#10.140)