Republik Ceko Akan Borong 24 Jet Tempur Siluman F-35 AS

Jum'at, 22 Juli 2022 - 13:57 WIB
loading...
Republik Ceko Akan Borong 24 Jet Tempur Siluman F-35 AS
Republik Ceko putuskan akan membeli 24 unit jet tempur siluman F-35 dari Amerika Serikat. Foto/USAF
A A A
PRAHA - Pemerintah Republik Ceko telah memberi wewenang kepada Kementerian Pertahanan untuk memfasilitasi pembelian 24 unit jet tempur siluman F-35 Lightning II dari Amerika Serikat (AS).

“Saya diberi wewenang untuk membentuk tim perunding antar-kementerian dan memulai negosiasi dengan Pemerintah Amerika Serikat untuk pengadaan 24 unit pesawat tempur multiperan F-35 Lightning II untuk melengkapi dua skuadron,” kata Menteri Pertahanan Jana Cernochova dalam sebuah pernyataan di Twitter.

Cernochova, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (22/7/2022), mengatakan keputusan pemerintah untuk mengakuisisi pesawat tempur buatan Lockheed Martin itu datang di tengah meningkatnya biaya sistem senjata dan kelangkaan bahan dan kapasitas produksi, yang mengakibatkan waktu tunggu yang lebih lama.

Baca juga: Andalkan 64 Jet Tempur Siluman F-35, Finlandia Siap Lawan Rusia

Pemerintah mengatakan berbagi pesawat yang sama dengan AS dan sekutu NATO lainnya akan membantu memperkuat kerja sama, berbagi kemampuan dan pelatihan bersama serta meningkatkan postur pertahanannya.

Republik Ceko juga mengumumkan rencana untuk membeli kendaraan tempur CV90 dari pemerintah Swedia setelah memutuskan untuk membatalkan tender kendaraan tempur infanteri.

Namun alih-alih mendapatkan dukungan, keputusan pemerintah itu justru dikecam para warga yang kritis.

Angkatan Udara Ceko saat ini mengoperasikan 14 jet tempur JAS 39C Gripen generasi ke-4 Swedia.

Salah satu pengkritik mengatakan pembelian jet tempur siluman F-35 Amerika akan menghabiskan uang pembayar pajak.

“Bodoh...F 35 adalah kemewahan yang tidak perlu untuk CR [Republik Ceko], ini bodoh dan jauh lebih mahal," tulis seorang warga yang merespons tweet Menteri Pertahanan Jana Cernochova.

Warga lain percaya bahwa peluang emas sedang dilewatkan pemerintah untuk mendapatkan jet tempur gratis dari Swedia yang diperbaharui dan di-upgrade.

Keputusan membeli jet tempur siluman F-35 AS berarti Republik Ceko harus membangun kembali pangkalan militernya karena teknologi yang digunakan akan berbeda.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1508 seconds (11.252#12.26)