Sekutu Putin: Perang Ukraina Harus Diakhiri untuk Hindari Jurang Perang Nuklir

Jum'at, 22 Juli 2022 - 07:33 WIB
loading...
A A A
AFP men-tweet bahwa Lukashenko percaya Kiev dapat mengakhiri konflik—yang dimulai pada 24 Februari, dengan memulai kembali pembicaraan dengan Moskow dan menerima tuntutannya.

Dia juga mengatakan kepada agensi tersebut bahwa Barat telah "memprovokasi perang dan melanjutkannya".

Lukashenko memiliki hubungan yang sulit dengan Putin selama bertahun-tahun, tetapi sekarang dia sangat bergantung pada presiden Rusia untuk tetap berkuasa.

Belarusia menjadi tuan rumah latihan mobilisasi pasukan Rusia awal Juli, yang mendorong para pejabat Ukraina untuk mengatakan Moskow ingin membawa Belarusia ke dalam perang di Ukraina untuk menebus jumlah personel militer Rusia yang semakin berkurang.

Lukashenko juga mengatakan dalam wawancara bahwa Belarusia adalah negara otoriter tetapi tidak memiliki tahanan politik.

Itu bertentangan dengan penilaian oleh kelompok hak asasi manusia Vesna-96 yang mengatakan ada sekitar 1.300 tahanan politik di negara itu, banyak dari mereka telah dipenjara dalam tindakan keras setelah pemilu yang disengketakan pada tahun 2020.

Bulan ini, pengadilan Belarusia menghukum Katsiaryna Andreyeva (28)—yang bekerja sebagai jurnalis di stasiun televisi Polandia Belsat TV—delapan tahun penjara karena pengkhianatan atas laporannya tentang protes pada tahun 2020.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)