Presiden AS Joe Biden: Saya Menderita Kanker

Kamis, 21 Juli 2022 - 07:07 WIB
loading...
Presiden AS Joe Biden: Saya Menderita Kanker
Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pidatonya di Delaware pada Rabu mengatakan dia menderita kanker. Namun, yang dia maksud adalah sakitnya sebelum menjabat presiden. Foto/REUTERS/Kevin Lamarque/File Photo
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan dalam pidato hari Rabu bahwa dia menderita kanker .

Pengakuan mengejutkan ini memaksa kantor pers Gedung Putih untuk segera mengklarifikasi bahwa Biden mengacu pada perawatan kanker kulit yang dia miliki sebelum menjabat sebagai presiden tahun lalu.

Pernyataan itu awalnya tampak seperti pengumuman kesehatan biasa yang memukau selama pidato tentang pemanasan global di mana presiden menggambarkan emisi dari kilang minyak di dekat rumah masa kecilnya di Claymont, Delaware.

“Itulah mengapa saya dan banyak orang lain yang tumbuh bersama saya menderita kanker dan mengapa untuk waktu yang lama Delaware memiliki tingkat kanker tertinggi di negara ini,” kata Biden.



Juru bicara Gedung Putih Andrew Bates merujuk media ke sebuah tweet dari kolumnis Washington Post; Glenn Kessler, yang mencatat bahwa Biden telah menghilangkan "kanker kulit non-melanoma" sebelum dia menjabat.

Tidak jelas mengapa Biden membuat pengakuan seperti itu seolah-olah menggambarkan dia menderita kanker untuk saat ini.

"Dia berkata 'Saya menderita kanker' dalam waktu sekarang, Anda benar-benar dips-t," bunyi tweet Greg Price dari XStrategies LLC sebagai tanggapan terhadap Kessler.

Kanker kulit sangat umum, terutama di antara orang dewasa yang lebih tua yang tidak memakai tabir surya di masa muda mereka, dan umumnya tidak mengancam jiwa.

Dokter Biden, Dr Kevin O'Connor, mengeluarkan laporan kesehatan tahun lalu yang tidak menyebut presiden menderita kanker saat ini.

Laporan O'Connor menghubungkan kanker kulit Biden dengan waktu di bawah sinar matahari, daripada paparan bahan kimia yang digunakan oleh industri minyak.

“Sudah pasti bahwa Presiden Biden menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari di masa mudanya,” tulis O'Connor.

“Dia telah menjalani beberapa kanker kulit non-melanoma lokal yang diangkat dengan operasi Mohs sebelum dia memulai jabatannya sebagai presiden. Lesi ini benar-benar dipotong, dengan margin yang jelas,” imbuh dokter, seperti dikutip New York Post, Kamis (21/7/2022).
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)