Masjidil Haram Bagikan 12 Juta Liter Air Zamzam untuk Jemaah Haji

Minggu, 17 Juli 2022 - 18:00 WIB
loading...
Masjidil Haram Bagikan 12 Juta Liter Air Zamzam untuk Jemaah Haji
Masjidil Haram Bagikan 12 Juta Liter Air Zamzam untuk Jemaah Haji. FOTO/SPA
A A A
JEDDAH - Sebanyak 12 juta liter air Zamzam didistribusikan di Masjidil Haram selama periode haji tahun ini , menurut angka resmi. Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci mengatakan melalui Twitter pada Sabtu (16/7/2022), air didistribusikan selama 15 hari.

“Totalnya terdiri dari 990.000 liter yang didistribusikan dalam bentuk 3 juta botol 330ml dan 11 juta liter dari lebih dari 25.000 wadah air, masing-masing berkapasitas 40 liter,” jelas Abdulrahman Al-Zahrani, pengelola Departemen air Zamzam di Masjidil Haram, seperti dikutip dari Arab News.



Wadah yang didistribusikan ke seluruh Masjidil Haram dan halamannya, diisi ulang lima kali sehari. Al-Zahrani juga mengatakan, 1.150 pekerja membantu mendistribusikan botol, sementara 80 gerobak pintar dan robot air juga dipekerjakan di sekitar masjid untuk memastikan para peziarah tetap terhidrasi.

“Semua gerobak dan tas yang digunakan untuk membawa air, sering dicuci dan disterilkan untuk memastikan standar kesehatan yang baik,” ujar Al-Zahrani. “Protokol sanitasi yang sama diterapkan pada pompa air yang diawasi oleh 150 pekerja,” lanjutnya.

Sebagai langkah keamanan lebih lanjut, karyawan laboratorium air Zamzam menguji lebih dari 70 sampel setiap hari untuk memastikan air yang dipompa ke Masjidil Haram dapat diminum.



Al-Zahrani juga mengatakan, teknologi akan semakin banyak digunakan dalam pengelolaan dan distribusi air Zamzam, sejalan dengan rencana kepresidenan 2024 – yang dipimpin oleh Sheikh Abdulrahman Al-Sudais – dan Visi Saudi 2030 yang lebih luas.

Volume air Zamzam yang didistribusikan selama periode haji hampir sama dengan yang disediakan selama Ramadhan, sehingga total untuk tahun ini menjadi 24 juta liter.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)