Suhu Terus Meningkat, Inggris Nyatakan Darurat Gelombang Panas

Minggu, 17 Juli 2022 - 02:05 WIB
loading...
Suhu Terus Meningkat, Inggris Nyatakan Darurat Gelombang Panas
Suhu Terus Meningkat, Inggris Nyatakan Darurat Gelombang Panas. FOTO/Reuters
A A A
LONDON - Pemerintah Inggris pada Jumat (15/7/2022) mengeluarkan peringatan merah darurat nasional pertama untuk gelombang panas di Inggris. Peringatan dikeluarkan karena negara itu diperkirakan akan mengalami cuaca terpanas dalam catatan sejarah.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris, kelompok pemantau kesehatan dan keselamatan pemerintah, meningkatkan peringatan kesehatan panas untuk Inggris ke level maksimum 4. Suhu diperkirakan mencapai 40 derajat celcius pada akhir pekan ini dan awal minggu depan. Kantor cuaca Met juga mengeluarkan peringatan merah.



“Suhu yang luar biasa, mungkin memecahkan rekor kemungkinan terjadi awal minggu depan, cukup luas di seluruh area peringatan merah pada hari Senin, dan sedikit lebih fokus ke timur dan utara pada hari Selasa," kata Kepala Meteorologi Met, Paul Gundersen.

"Saat ini, ada kemungkinan 50% kita bisa melihat suhu di atas 40 derajat celcius dan 80% kita akan melihat suhu maksimum baru tercapai," lanjut Gundersen, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Menurutnya, suhu di malam hari juga cenderung sangat hangat, terutama di daerah perkotaan. Hal ini kemungkinan akan menyebabkan dampak luas pada manusia dan infrastruktur.



"Oleh karena itu, penting bagi orang untuk merencanakan cuaca panas dan mempertimbangkan untuk mengubah rutinitas mereka. Tingkat panas ini dapat memiliki efek kesehatan yang merugikan,” tambah Gundersen.

Peringatan merah level 4, level tertinggi yang memungkinkan untuk keadaan darurat panas, diumumkan pada Jumat pagi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)