Pejabat Rusia Kunjungi Iran untuk Melihat Drone Tempur

Sabtu, 16 Juli 2022 - 14:31 WIB
loading...
Pejabat Rusia Kunjungi Iran untuk Melihat Drone Tempur
Gedung Putih sebut pejabat Rusia kunjungi Iran untuk melihat drone tempur. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih mengatakan para pejabat Rusia telah mengunjungi sebuah lapangan terbang di Iran tengah setidaknya dua kali dalam beberapa pekan terakhir. Itu dilakukan untuk melihat drone berkemampuan senjata yang ingin diperolehnya untuk digunakan dalam perang yang sedang berlangsung di Ukraina .

"Iran memamerkan drone untuk pejabat Rusia di Kashan Airfield pada 8 Juni dan 15 Juli," menurut Gedung Putih seperti dikutip dari The Associated Press, Sabtu (16/7/2022).

Pemerintah Amerika Serikat (AS) juga merilis citra satelit dari drone Shahed-191 dan Shahed-129 yang ditampilkan dan dalam penerbangan di lapangan terbang, sementara sebuah pesawat angkut delegasi Rusia berada di darat.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan dalam sebuah pernyataan mengatakan pemerintah AS memiliki informasi bahwa pemerintah Iran sedang bersiap untuk memberi Rusia beberapa ratus drone.



“Kami menilai delegasi resmi Rusia baru-baru ini menerima pameran UAV berkemampuan serangan Iran. Kami merilis gambar-gambar yang diambil pada bulan Juni yang menunjukkan UAV Iran yang dilihat oleh delegasi pemerintah Rusia hari itu,” tambah Sullivan dalam sebuah pernyataan.

“Ini menunjukkan minat Rusia yang berkelanjutan untuk memperoleh UAV berkemampuan tempur Iran,” ia menambahkan.

Sullivan mengatakan para pejabat AS percaya bahwa kunjungan pada bulan Juni adalah pertama kalinya delegasi Rusia mengunjungi lapangan terbang ini untuk pertunjukan semacam itu.

Pemerintah AS merilis data intelijen saat Presiden Joe Biden akan bertemu dengan para pemimpin enam negara Teluk Arab, ditambah Mesir, Yordania dan Irak untuk pertemuan puncak regional.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)