Eks Jenderal AS: Rusia Kelelahan, Bisa Dikalahkan Ukraina Tahun Depan

Jum'at, 15 Juli 2022 - 16:02 WIB
loading...
Eks Jenderal AS: Rusia Kelelahan, Bisa Dikalahkan Ukraina Tahun Depan
Pensiunan jenderal AS, Ben Hodges, meyakini pasukan Rusia sudah kelelahan dan Ukraina bisa mengalahkannya tahun depan. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pensiunan letnan jenderal Amerika Serikat (AS) meyakini pasukan Rusia sudah kelelahan. Menurutnya, militer Ukraina bisa mengalahkan mereka pada tahun depan jika kekuatan Barat melanjutkan dukungan militernya kepada Kiev.

Letnan Jenderal (Purn) Ben Hodges Hodges, yang pernah menjabat sebagai komandan Angkatan Darat AS di Eropa, membuat pernyataan itu dalam sebuah wawancara dengan Insider yang diterbitkan Kamis (14/7/2022).

Penilaiannya yang relatif optimistis datang di tengah tanda-tanda goyahnya dukungan AS untuk Ukraina, sama seperti negara yang terkepung itu telah mengindikasikan bahwa senjata yang disediakan Barat membuat perbedaan.

"Rusia kelelahan," kata Hodges."Mereka tidak punya banyak hal lain yang bisa mereka lakukan sekarang," katanya lagi.



Sejak meluncurkan invasi ke Ukraina pada bulan Februari, Rusia telah menghadapi kemunduran awal, gagal untuk mengambil Ibu Kota Ukraina; Kiev, dan gagal memberikan perang cepat seperti yang diharapkan.

Namun, pasukan Rusia telah membuat keuntungan di selatan Ukraina dan di wilayah Donbas timur, menguasai sekitar 20 persen negara itu.

Tetapi Hodges mengatakan kepada Insider bahwa pasukan Ukraina memiliki keunggulan moral dibandingkan dengan pasukan Rusia, yang dia gambarkan mengalami kemacetan dan lelah.

Dia juga mengatakan kekuatan penuh dari dukungan militer Barat baru-baru ini telah membantu Ukraina secara signifikan, khususnya sistem roket jarak jauh.

Pemerintah Ukraina merilis rekaman awal pekan ini yang menunjukkan keberhasilan serangan misil terhadap depot amunisi Rusia di wilayah Kherson yang diduduki pasukan Moskow. Depot amunisi kedua dilaporkan dihancurkan pada hari Kamis oleh pasukan Ukraina, yang menggunakan sistem roket jarak jauh HIMARS buatan Amerika dalam kedua serangan tersebut.

"Seperti yang telah dilihat seluruh dunia selama seminggu terakhir ini, kami telah mampu menimbulkan kerusakan besar pada sistem pertahanan rudal dan fasilitas penyimpanan amunisi mereka jauh di belakang garis musuh," kata Gubernur Luhansk Serhiy Haidai kepada Newsweek.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0919 seconds (0.1#10.140)