AS Beri Bantuan Kesehatan dan Kemanusiaan Rp25,4 Triliun ke Ukraina

Rabu, 13 Juli 2022 - 13:34 WIB
loading...
AS Beri Bantuan Kesehatan dan Kemanusiaan Rp25,4 Triliun ke Ukraina
AS Beri Bantuan Kesehatan dan Kemanusiaan Rp25,4 Triliun ke Ukraina. FOTO/US Embassy.gov
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) telah memberi Ukraina tambahan USD1,7 miliar (Rp25,4 Triliin) untuk bantuan kesehatan dan kemanusiaan . Hal itu diungkapkan Badan Pembangunan Internasional AS (USAID), Selasa (12/7/2022).

Paket baru melalui USAID berkoordinasi dengan Departemen Keuangan untuk memberikan bantuan anggaran langsung kepada Kiev. "Kontribusi ini dimungkinkan dengan dukungan bipartisan yang murah hati dari Kongres," sebut pernyataan USAID, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Baca: Kemhan Rusia: Ada 26 Permintaan Evakuasi dari Ukraina ke Wilayah Rusia

“Sumber daya tambahan yang disediakan oleh Amerika Serikat, melalui Bank Dunia, akan mengurangi defisit anggaran akut yang disebabkan oleh perang agresi brutal Putin dan memastikan pemerintah Ukraina dapat terus beroperasi dan menanggapi kebutuhan kritis, termasuk penyediaan layanan penting seperti perawatan kesehatan. dengan membayar gaji petugas kesehatan," lanjut pernyataan tersebut.

Sejauh ini, USAID telah memberikan dukungan anggaran langsung kepada Ukraina sebesar USD4 miliar.

“Sumber daya ini telah membantu pemerintah Ukraina untuk terus menjalankan fungsi inti – misalnya, menjaga aliran gas dan listrik ke rumah sakit, sekolah, dan infrastruktur penting lainnya, mendukung penyediaan pasokan kemanusiaan kepada warga, dan terus membayar gaji pegawai negeri sipil. dan guru,” kata pernyataan itu.

Baca: Pejabat Rusia-Ukraina Akan Bertemu di Turki Bahas Pemblokiran Ekspor Gandum

“Amerika Serikat tetap berkomitmen untuk mendukung Ukraina dan rakyatnya setelah perang Rusia yang tidak beralasan dan tidak dapat dibenarkan," lanjutnya.

Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal sebelumnya mengkonfirmasi transaksi itu dalam sebuah tweet, menulis: "1,7 miliar dolar bantuan hibah datang ke anggaran Ukraina dari Dana Perwalian @WorldBank dan @USAID. Ini adalah hibah AS kedua dalam dua minggu terakhir. Jumlah total bantuan adalah 3 miliar dolar. Terima kasih kepada & @POTUS atas dukungan yang luar biasa.”

Hampir 4.900 warga sipil tewas di Ukraina sejak awal perang pada 24 Februari, menurut angka PBB. Lebih dari 15 juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka, termasuk lebih dari 8,7 juta yang telah melarikan diri ke negara lain.

(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1447 seconds (10.55#12.26)