Mantan Presiden Polandia Sarankan Pengurangan Populasi Rusia Jadi Segini

Senin, 11 Juli 2022 - 17:24 WIB
loading...
A A A
Menurut sensus penduduk terbaru yang diadakan pada 2021, populasi Rusia saat ini berjumlah sekitar 147 juta jiwa, menurut badan statistik negara, Rosstat, pada April.

Walesa, yang merupakan salah satu pendiri gerakan Solidaritas yang menjatuhkan pemerintahan sosialis di Polandia, juga berpendapat Barat seharusnya “menjatuhkan Rusia” tetapi akhirnya jatuh ke tangan pemimpin Soviet terakhir, citra positif Mikhail Gorbachev dan menyia-nyiakan peluangnya.

“Kita seharusnya menjatuhkan Rusia. Tapi Gorbachev terlalu pintar. Kita berkata kepada diri kita sendiri pada saat itu: 'Ada Stalin, Brezhnev, tapi Gorbachev baik'," papar Walesa, menambahkan, "Itu adalah kesalahan kita saat itu."

Menurut mantan pemimpin Polandia itu, “Rusia diizinkan menunggu masa-masa sulit dan melanjutkan seperti yang telah mereka lakukan selama berabad-abad dan terus mencaplok orang ke dalam kerajaan mereka."

Mantan presiden Polandia itu juga membela ekspansi NATO dan Uni Eropa dengan mengatakan, “Meskipun Barat memiliki kepentingannya sendiri dan berusaha menggunakan pengaruh dan kekuasaannya, mereka melakukannya dengan cara yang demokratis.”

“Ada dua sistem sekarang: … demokrasi dan NATO, yang ingin berkembang tetapi (melakukannya) melalui cara-cara demokratis, dengan meminta persetujuan rakyat, (dan) … Rusia dan China, yang telah menggunakan metode aneksasi lama," ungkap dia.

Walesa, yang menjadi presiden antara 1990 dan 1995, baru-baru ini muncul sebagai salah satu kritikus paling sengit di Rusia.

Pada awal Februari, bahkan sebelum dimulainya aksi militer Rusia di Ukraina, mantan pemimpin Polandia itu meminta dunia “memobilisasi” untuk “tanggapan segera” terhadap serangan Rusia di Ukraina.

Saat itu, dia mengatakan serangan ke Kiev oleh Rusia harus diikuti dengan “serangan ke Moskow.”

Kembali pada awal Februari, Walesa masih menyebut Rusia “negara besar” yang hanya “memiliki masalah.” Dia juga mengakui bahwa dia “sangat menghormati Putin dan mendukungnya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)