Sebut Osama bin Laden Martir, PM Pakistan Imran Khan Dikecam

Jum'at, 26 Juni 2020 - 14:08 WIB
loading...
A A A
Asad Durrani, mantan spymaster, mengatakan kepada Al Jazeera pada 2015 bahwa badan Inter-Services Intelligence (ISI) Pakistan yang kuat kemungkinan tahu di mana Osama bin Laden bersembunyi dan berharap menggunakannya sebagai chip tawar-menawar.

Osama dituduh AS sebagai dalang serangan 11 September 2001 atau 9/11. Dia terlacak—setelah perburuan panjang 10 tahun—ke Abbottabad, sebuah kota garnisun di utara Islamabad di mana akademi militer Pakistan bermarkas. Hal itu memicu tuduhan bahwa pihak berwenang Pakistan berkolusi dengan kelompok teroris al-Qaeda.

Khan telah berulang kali membuat pernyataan kontroversial selama bertahun-tahun, termasuk selama perjalanan ke AS pada 2019 ketika dia mengklaim ISI memberi Washington petunjuk yang membantu mereka menemukan dan membunuh Osama bin Laden.

Perdana menteri yang dulunya adalah pemain kriket ini telah lama dikritik oleh lawan politiknya karena terlalu bersimpati dengan gerilyawan, di mana para musuh politik menjulukinya "Taliban Khan". (Baca juga: Kemesraan Prabowo dengan Menhan China di Parade Militer Rusia )
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)