Inflasi Membuat Harga Domba Qurban di Turki Melonjak Tajam

Minggu, 10 Juli 2022 - 15:29 WIB
loading...
Inflasi Membuat Harga Domba Qurban di Turki Melonjak Tajam
Inflasi Membuat Harga Domba Qurban di Turki Melonjak Tajam. FOTO/Hurriyet Daily News
A A A
ISTANBUL - Laju inflasi di Turki membuat harga domba melonjak tajam. Imbasnya, perayaan Idul Adha menjadi sedikit ‘terganggu’ karena harga hewan qurban sangat sulit dijangkau.

Harga telah berlipat ganda atau bahkan tiga kali lipat sejak Presiden Recep Tayyip Erdogan memulai eksperimen ekonomi yang tidak lazim tahun lalu, yang telah membuat standar hidup orang Turki menderita.



Seorang ibu muda di Turki, Gul Er, berharap bisa menawar harga salah satu hewan yang tampak paling minim di pameran ternak yang diadakan di bawah tenda putih, sebelum liburan Kurban Bayrami (Idul Adha).

“Ini adalah tugas suci,” katanya tentang membeli seekor domba, yang bersama dengan lembu dan kambing dikorbankan dan dagingnya dibagikan kepada orang miskin, teman, dan tetangga. “Tapi tahun ini, harganya tidak terjangkau,” kata Er, seperti dikutip dari Arab News.

Inflasi tahunan di Turki secara resmi telah mencapai 78,6 persen, meskipun para ekonom dan banyak orang Turki biasa meragukan data pemerintah. Bahkan, jika angka resmi dapat dipercaya, itu lebih tinggi daripada di pasar negara berkembang lainnya dan hampir 10 kali lipat rekor yang mengguncang Uni Eropa, di mana biaya hidup memicu krisis politik.



Sebuah survei independen yang disiapkan oleh kelompok ENAG – dan diyakini oleh sebagian besar orang Turki – menempatkan tingkat inflasi tahunan sebesar 175 persen. Selain mengaburkan peluang Erdogan dalam pemilihan tahun depan, angka-angka ini menimbulkan masalah bagi para pedagang di pameran hewan Istanbul.

Ketua serikat kamar pertanian Turki Semsi Bayraktar memperkirakan penjualan turun seperempat tahun ini. Galip Toklu, seorang peternak yang datang ke pameran seluas 40.000 meter persegi dari kota Samsun di Laut Hitam, membuat daftar bagaimana inflasi bola salju menjadi masalah yang tampaknya tak ada habisnya.

Biaya pakan ternak meningkat empat kali lipat, sementara jumlah yang dia bayarkan untuk membawa ternaknya ke Istanbul telah meningkat tiga kali lipat sejak Kurban Bayrami terakhir. Kondisi ini memaksa Toklu menggandakan harga jual hewannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2287 seconds (0.1#10.140)