3 Tokoh India yang Pernah Menghina Agama Islam, Nomor 2 Serukan Genosida

Sabtu, 09 Juli 2022 - 07:20 WIB
loading...
3 Tokoh India yang Pernah Menghina Agama Islam, Nomor 2 Serukan Genosida
3 Tokoh India yang Pernah Menghina Agama Islam, Nomor 2 Serukan Genosida. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga tokoh India yang diketahui pernah menghina agama Islam . Dengan mayoritas penduduk beragama Hindu, India kerap dituding memiliki praktik Islamophobia .

Praktik Islamophobia ini pada keberlanjutannya bisa memunculkan kekerasan dan diskriminasi terhadap umat muslim. Ironisnya, terkadang hal-hal seperti ini justru didukung oleh para pemangku jabatan di negara terkait. Berikut beberapa tokoh India yang pernah menghina Agama Islam.



1. Pooja Shakun Pandey
Pooja Shakun Pandey merupakan pemimpin umat Hindu Mahasabha. Dikutip dari situs The Wire, Jumat (8/07/2022), Pandey pernah membuat pernyataan kontroversial tentang umat Islam.

Pada 5 Juni 2022, dia menandatangani sebuah surat yang ditujukan kepada Presiden Ram Nath Kovind. Dia meminta presiden mengambil tindakan terhadap sholat Jumat yang menurutnya dianggap sebagai ‘Jamaah anti-Hindu’.

Salah satu bagian suratnya berbunyi: “Jumat bukanlah hari untuk sholat. Sebaliknya, ini adalah hari terorisme.”

Dalam riwayatnya, Pandey memang dikenal sebagai anti-muslim. Dia juga turut hadir dalam penghasutan umat Hindu untuk melakukan genosida pada muslim.



2. Biksu Giri
Yati Narsinghanand Giri merupakan seorang pendukung kelompok nasionalis sayap kanan di India. Dia juga diketahui sebagai kepala sebuah biara Hindu. Dalam riwayatnya, biksu ini pernah membuat ujaran kebencian kepada agama Islam.

Dikutip dari situs Dawn, Jum’at (8/07/2022), pada Desember 2021, Biksu Giri bersama pemuka agama lain meminta umat Hindu di India mempersenjatai diri untuk melakukan genosida terhadap umat Muslim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)