Shinzo Abe Meninggal Dunia Setelah Ditembak dengan Senjata Rakitan

Jum'at, 08 Juli 2022 - 16:35 WIB
loading...
Shinzo Abe Meninggal Dunia Setelah Ditembak dengan Senjata Rakitan
Mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe meninggal dunia setelah ditembak dengan pistol rakitan dari belakang. Foto/National Review
A A A
TOKYO - Kantor berita Jepang , NHK, melapokan mantan perdana menteri Shinzo Abe meninggal dunia setelah ditembak saat berpidato kampanye di bagian barat negara itu, Jumat (8/7/2022). Dalam laporannya NHKmengutip pejabat Partai Demokrat Liberal Jepang. Abe (67) ditembak saat berpidato pada hari Jumat di kota barat Nara.

Seorang reporter NHK di lokasi mendengar apa yang terdengar seperti dua tembakan sekitar pukul 11:30 waktu setempat. Dia melihat Abe pingsan dan berdarah, sebelum dia dibawa ke rumah sakit.

Polisi mengatakan mereka telah menangkap seorang pria berusia 41 tahun karena percobaan pembunuhan.

“Senjata yang digunakan untuk menembak Shinzo Abe adalah senjata rakitan buatan tangan dan polisi sekarang sedang menyelidikinya,” ungkap laporan badan penyiar Jepang NHK.



Senjata itu tampaknya menggunakan bahan, seperti solatip hitam. Polisi dilaporkan telah menyita senjata tersebut.

Pelaku penembakan sendiri diketahui bernama Tetsuya Yamagami (41) dari kota Nara. Kepada polisi ia mengungkapkan motifnya melakukan penembakan itu karena merasa tidak puas dengan sosok yang menjabat perdana menteri terlama di Jepang itu dan berniat untuk membunuhnya.

Laporan media lokal mengutip kementerian pertahanan Jepang yang mengatakan bahwa tersangka bekerja untuk Pasukan Bela Diri Maritim Jepang selama tiga tahun hingga sekitar tahun 2005.

Badan Kepolisian Nasional Jepang mengatakan pekerjaan Yamagami saat ini tidak diketahui.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)