Kompak, MI5 dan FBI Peringatkan Meningkatnya Ancaman dari China

Kamis, 07 Juli 2022 - 14:30 WIB
loading...
Kompak, MI5 dan FBI Peringatkan Meningkatnya Ancaman dari China
Kompak, MI5 dan FBI peringatkan meningkatnya ancaman dari China. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Kepala FBI dan pemimpin badan intelijen domestik Inggris menyampaikan pidato bersama yang belum pernah terjadi sebelumnya memberikan peringatan terbaru tentang pemerintah China . Keduanya memperingatkan para pemimpin bisnis bahwa Beijing bertekad untuk mencuri teknologi mereka untuk keuntungan kompetitif.

Dalam pidato di markas MI5 London, Direktur FBI Christopher Wray berdiri di samping Direktur Jenderal MI5 Ken McCallum. Wray menegaskan kembali kekhawatiran lama tentang spionase ekonomi dan operasi peretasan oleh China serta upaya pemerintah China untuk meredam perbedaan pendapat di luar negeri.

“Kami secara konsisten melihat bahwa pemerintah China yang menimbulkan ancaman jangka panjang terbesar bagi keamanan ekonomi dan nasional kami, dan dengan ‘kami’, maksud saya kedua negara kami, bersama dengan sekutu kami di Eropa dan di tempat lain,” kata Wray seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (7/7/2022).

“Pemerintah China bersiap untuk mencuri teknologi Anda, apa pun yang membuat industri Anda bergerak, dan menggunakannya untuk melemahkan bisnis Anda dan mendominasi pasar Anda,” ujarnya kepada hadirin.

Terkait ketegangan saat ini antara China dan Taiwan, Wray juga mengatakan dalam pidatonya bahwa setiap pengambilalihan paksa Taipei oleh Beijing akan mewakili salah satu gangguan bisnis paling mengerikan yang pernah ada di dunia.



Setelah itu, Wray mengatakan dia akan menyerahkan kepada orang lain pertanyaan apakah invasi ke Taiwan lebih atau kurang mungkin setelah invasi Rusia ke Ukraina. Tetapi, dia berkata: “Saya tidak punya alasan untuk berpikir bahwa minat mereka pada Taiwan telah mereda dengan cara apa pun.”

Ia menambahkan bahwa dia berharap China telah mempelajari apa yang terjadi “ketika Anda bermain berlebihan”, seperti yang dia katakan di Rusia.

Sedangkan Ken McCallum mengatakan MI5 menjalankan investigasi tujuh kali lebih banyak ke China seperti empat tahun lalu dan berencana untuk "tumbuh lagi" guna mengatasi upaya luas pada kesimpulan yang meliputi "begitu banyak aspek kehidupan nasional kita".

"Hari ini adalah pertama kalinya kepala FBI dan MI5 berbagi platform publik," kata McCallum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)