Rusia Ancam Balas Setiap Ancaman dari Swedia dan Finlandia

Kamis, 07 Juli 2022 - 04:23 WIB
loading...
A A A
Satu tuntutan yang dibuat Rusia dari Ukraina sebelum invasi adalah bahwa Kiev berkomitmen untuk tidak pernah bergabung dengan NATO, sebagian karena kekhawatiran Moskow atas negara-negara NATO di perbatasan langsungnya.

Pada akhir bulan lalu, Putin menyatakan Rusia akan merespons jika NATO mengerahkan pasukan dan infrastruktur di Finlandia dan Swedia setelah mereka bergabung dengan aliansi militer pimpinan Amerika Serikat (AS) itu.

"Dengan Swedia dan Finlandia, kami tidak memiliki masalah yang kami miliki dengan Ukraina. Mereka ingin bergabung dengan NATO, silakan," kata Putin kepada televisi pemerintah Rusia setelah pembicaraan dengan para pemimpin regional di negara bagian Turkmenistan, bekas Uni Soviet di Asia Tengah.

"Tetapi mereka harus memahami bahwa tidak ada ancaman sebelumnya, sementara sekarang, jika kontingen militer dan infrastruktur dikerahkan di sana, kita harus merespons dengan baik dan menciptakan ancaman yang sama untuk wilayah dari mana ancaman terhadap kita diciptakan,” imbuhnya.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)