Korban Tewas Tanah Longsor di India Bertambah Jadi 37 Jiwa

Minggu, 03 Juli 2022 - 23:00 WIB
loading...
Korban Tewas Tanah Longsor di India Bertambah Jadi 37 Jiwa
Korban Tewas Tanah Longsor di India Bertambah Jadi 37 Jiwa. FOTO/Reuters
A A A
GUWAHATI - Korban tewas akibat tanah longsor besar-besaran di India mencapai 37 orang pada Minggu (3/7/2022). Menurut pihak berwenang, tim penyelamat terus berjuang di tengah hujan lebat untuk mencari 25 orang lainnya yang masih hilang.

Seperti dilaporkan AFP, dinding lumpur dan batu membanjiri kamp yang menampung pekerja konstruksi kereta api dan anggota Tentara Teritorial di negara bagian Manipur yang terpencil di timur laut. Bencana terjadi setelah hujan lebat pada Kamis (30/6/2022) pagi.



Tim darurat menyelamatkan 18 orang yang selamat dalam beberapa jam pertama setelah insiden itu. Namun, juru bicara militer Angom Bobin Singh mengatakan, bahwa 28 orang masih hilang sebelum pengumuman kemudian bahwa tiga mayat lagi telah ditemukan.

“Hari keempat operasi pencarian sedang berlangsung, meskipun kondisi cuaca buruk karena hujan lebat dan tanah longsor baru," kata Singh.

Daerah timur laut yang terpencil umumnya memiliki infrastruktur jalan dan kereta api yang buruk, tetapi India dalam beberapa tahun terakhir telah mendorong proyek-proyek infrastruktur yang ambisius untuk menyamai pembangunan China melintasi perbatasan.



Wilayah yang indah - dengan pegunungan dan hutan lebat - telah dilanda hujan deras dalam beberapa pekan terakhir, memicu tanah longsor dan banjir. Puluhan orang tewas di daerah itu setelah banjir bulan lalu, dengan hujan tanpa henti menyebabkan tanah longsor dan menggenangi rumah-rumah.

Para ahli mengatakan, perubahan iklim meningkatkan jumlah peristiwa cuaca ekstrem di seluruh dunia, dengan proyek pembendungan, penggundulan hutan, dan pembangunan di India memperburuk korban manusia.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)