Kabin Dipenuhi Asap, Pesawat Maskapai India Lakukan Pendaratan Darurat

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:07 WIB
loading...
Kabin Dipenuhi Asap, Pesawat Maskapai India Lakukan Pendaratan Darurat
Kabin Dipenuhi Asap, Pesawat Maskapai India Lakukan Pendaratan Darurat. FOTO/Reuters
A A A
NEW DELHI - Sebuah penerbangan domestik India melakukan pendaratan darurat di New Delhi pada Sabtu (2/7/2022). Pendaratan darurat dilakukan setelah kabin pesawat itu dipenuhi asap beberapa saat setelah lepas landas ke pusat kota Jabalpur.

Penumpang dalam penerbangan dievakuasi dengan selamat begitu pesawat kembali ke bandara Delhi. Pesawat itu dioperasikan oleh maskapai komersial SpiceJet.

Baca: Mesin Kiri Terbakar, Jet Komersial India Mendarat Darurat di Patna

“Saat melewati 5.000 kaki, kru melihat asap di kabin," kata pernyataan maskapai itu di Twitter, seperti dikutip dari AFP. Video yang dimaksudkan untuk menunjukkan kabin yang dipenuhi asap dengan cepat menjadi viral di media sosial setelah insiden itu.

Maskapai itu tidak mengungkapkan berapa banyak penumpang yang ada dalam penerbangan itu. Namun, mereka mengatakan pesawat telah mendarat "dengan selamat" dan bahwa penerbangan alternatif telah "segera diatur" untuk para pelancong.

Maskapai tanpa embel-embel SpiceJet telah menjadi berita dalam beberapa bulan terakhir. Sebelumnya, penerbangan lain maskapai itu terpaksa melakukan pendaratan darurat bulan lalu setelah mesin kirinya terbakar dan otoritas penerbangan menindak perusahaan karena praktik pelatihan yang salah.

Baca: 11 Turis Terjebak di Kereta Gantung India, Penyelamatannya Menegangkan

Pada bulan Juni, penerbangan SpiceJet tujuan New Delhi dengan 185 penumpang melakukan pendaratan darurat di kota Patna di India timur setelah sebuah mesin terbakar.

Pada bulan Mei, ratusan penumpangnya terdampar di dalam pesawat mereka setelah maskapai berbiaya rendah itu membatalkan atau menunda penerbangan karena "usaha serangan ransomware", katanya.



Pada bulan yang sama, otoritas penerbangan India mengenakan denda satu juta Rupee India (USD12.830) kepada maskapai tersebut karena melatih pilot Boeing 737 MAX-nya pada simulator yang rusak.

Pihak berwenang melarang 90 pilot SpiceJet mengoperasikan pesawat itu, dengan mengatakan mereka tidak terlatih dengan baik, menurut laporan media setempat.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1452 seconds (11.252#12.26)