Raja Salman Perintahkan Aparat Saudi Layani Jemaah Haji dengan Kemampuan Terbaik

Rabu, 29 Juni 2022 - 17:10 WIB
loading...
Raja Salman Perintahkan Aparat Saudi Layani Jemaah Haji dengan Kemampuan Terbaik
Raja Salman Perintahkan Aparat Saudi Layani Jemaah Haji dengan Kemampuan Terbaik. FOTO/Reuters
A A A
RIYADH - Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud memerintahkan sektor negara dan aparat terkait untuk melayani jemaah haji dengan kemampuan terbaik mereka. Hal itu diungkapkan Raja Salman dalam rapat kabinet yang dipimpinnya di Istana Kerajaan Al-Salam pada Selasa (28/6/2022).

“Melayani jamaah haji dan umrah telah menjadi prioritas utama Kerajaan sejak didirikan dan hingga saat ini. Kami bangga melanjutkan misi ini dengan kompetensi tertinggi,” kata Raja Salman dalam sebuah pernyataan, seperti dilaporkan Saudi Press Agency (SPA).



Tahun ini, Arab Saudi mengizinkan lebih dari satu juta jemaah haji dari luar negeri untuk melakukan haji. Ini adalah pertama kalinya dalam dua tahun sejak pembatasan COVID-19, yang membatasi ziarah ke wilayah Kerajaan Saudi.

Raja Salman mendesak sektor-sektor untuk bekerja sesuai dengan rencana organisasi dan operasional yang ditetapkan untuk haji tahun ini guna memastikan pengalaman haji yang aman dan spiritual.

Hingga akhir pekan lalu, total 282.523 peziarah dari seluruh dunia tiba di Madinah untuk haji, pihak berwenang sebelumnya melaporkan.



Salah satu upaya memaksimalkan pelayanan bagi jemaaah haji adalah dengan menyiapkan ulama di Masjidil Haram. Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi telah mengalokasikan 100 ulama untuk menjawab pertanyaan dari jemaah haji selama perjalanan haji mereka.

Tersebar di 10 lokasi berbeda di dalam Masjidil Haram, 100 ulama terdiri dari hakim elit dan anggota fakultas universitas yang dilatih untuk menjawab pertanyaan secara langsung atau melalui telepon melalui tujuh stan yang beroperasi sepanjang waktu.

“Respons yang ditawarkan oleh para ulama kepada jamaah haji sesuai dengan hasil dokumen Fatwa Dua Masjid Suci dan dampaknya dalam memfasilitasi perjalanan jamaah dan Jemaah,” kata Direktur Jenderal Dakwah dan Bimbingan Masjidil Haram, Majid Al-Masoudi.



Ulama juga memberikan tanggapan tentang ritual haji sejalan dengan fatwa yang sering dikeluarkan untuk menghindari fatwa yang tidak teratur, menyatukan ijtihad (penalaran independen oleh ahli hukum Islam), dan menghindari ucapan rasis dan kebencian. Jemaah juga dapat memiliki pertanyaan mereka dijawab oleh robot di Masjidil Haram.

Kepresidenan menawarkan layanan ini di pintu masuk utama area Mataf untuk memanfaatkan teknologi dan kecerdasan buatan. Robot ini mendukung 11 bahasa untuk memandu peziarah dari seluruh dunia, termasuk Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Melayu, Urdu, Cina, Bengali, dan Hausa.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)