Sekjen PBB Peringatkan Ancaman Krisis Kelaparan Global

Minggu, 26 Juni 2022 - 23:20 WIB
loading...
Sekjen PBB Peringatkan Ancaman Krisis Kelaparan Global
Sekjen PBB Peringatkan Ancaman Krisis Kelaparan Global. FOTO/Anadolu Agency
A A A
WASHINGTON - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Jumat (24/6/2022) memperingatkan " krisis kelaparan global yang belum pernah terjadi sebelumnya". Ia mengatakan, tahun depan kondisi bisa lebih buruk.

"Perang di Ukraina telah menambah masalah yang telah muncul selama bertahun-tahun: gangguan iklim, pandemi COVID-19, dan pemulihan yang sangat tidak merata," kata Guterres dalam pidatonya di Konferensi Tingkat Menteri PBB tentang ketahanan pangan.



“Ada risiko nyata bahwa kelaparan ganda akan diumumkan pada 2022. Dan 2023 bisa lebih buruk lagi,” tambahnya, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Dia mengingat kunjungannya ke wilayah Sahel di Afrika bulan lalu. Saat itu Guterres diperingatkan oleh para pemimpin di sana bahwa "situasi berbahaya bisa berubah menjadi bencana" kecuali tindakan segera diambil.

Menurut Guterres, wilayah Tanduk Afrika juga mengalami kekeringan terburuk dalam beberapa dekade. Dalam dua tahun terakhir, jumlah orang yang sangat rawan pangan di seluruh dunia telah meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi 276 juta, menurut Program Pangan Dunia.



Guterres mengatakan, harga pupuk dan energi naik pada tahun lalu, yang katanya akan berdampak pada semua panen termasuk beras dan jagung. Hal ini dikhawatirkan mempengaruhi miliaran orang di seluruh Asia, Afrika dan Amerika.

“Masalah akses pangan tahun ini bisa menjadi kelangkaan pangan global tahun depan,” katanya. "Tidak ada negara yang kebal terhadap dampak sosial dan ekonomi dari bencana seperti itu," lanjutnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)