Negara-negara yang Bersekongkol untuk Meruntuhkan Turki Utsmani

Kamis, 23 Juni 2022 - 06:01 WIB
loading...
A A A
Prancis merupakan sekutu Inggris ketika Perang Dunia I, sehingga negara berikon Menara Eiffel ini juga membantu Inggris untuk berperang melawan Turki Utsmani.

Namun uniknya, hubungan Prancis dan Turki Utsmani ternyata pernah mesra. Turki Utsmani pernah menjalin hubungan kenegaraan dengan Prancis dan hal tersebut disambut baik.

Kala itu, Sultan Sulaiman sebagai pemimpin Turki Utsmani memutuskan untuk melawan Kekaisaran Hungaria demi membantu monarki Prancis.

3. Rusia

Dulu ketika Turki Utsman berkuasa, Rusia masih berbentuk Kekaisaran Rusia. Rusia juga beraliansi dengan Inggris dan Prancis membentuk blok Sekutu dan bekerja sama menyerang blok Sentral dengan salah satu anggotanya yaitu Turki Utsmani.

Sebelumnya, Kekaisaran Rusia dan Kesultanan Turki Utsmani pernah saling mengangkat senjata pada Perang Sarikamish.

Dalam perang tersebut, Turki Utsmani meniru strategi Napoleon yang berhasil mengalahkan Kekaisaran Jerman dengan taktik bergerak cepat dan tiba di tempat tertentu dalam waktu tertentu.

Namun sayang, taktik ini gagal dan Turki Utsmani kalah perang karena lupa bahwa daratan Rusia sangat dingin ketika musim salju berlangsung.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0809 seconds (0.1#10.140)