Deplu AS Peringatkan Rusia: Serang Lituania Sama dengan Menyerang Amerika

Rabu, 22 Juni 2022 - 14:46 WIB
loading...
Deplu AS Peringatkan Rusia: Serang Lituania Sama dengan Menyerang Amerika
AS peringatkan Rusia bahwa menyerang Lithuania sama dengan menyerang Amerika. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) bereaksi atas ancaman Rusia terhadap Lithuania . Melalui Departemen Luar Negeri (Deplu), AS mengatakan ancaman baru Rusia untuk menargetkan "penduduk Lithuania" telah mengingatkan akan janji Amerika untuk berperang bersama sekutu NATO yang mungkin diserang.

“Lithuania adalah anggota aliansi NATO,” juru bicara Deplu AS, Ned Price, menekankan.

“Kami mendukung komitmen yang telah kami buat untuk aliansi NATO. Itu termasuk, tentu saja, komitmen terhadap Pasal 5: Itu adalah landasan aliansi NATO,” tegasnya seperti dikutip dari Washington Examiner, Rabu (22/6/2022).

Price mengawali peringatan itu dengan komentar meremehkan tentang "gertakan Rusia." Hal itu tampaknya mencerminkan bagaimana kegelisahan tentang ketegangan militer yang meningkat di sekitar perang di Ukraina telah dikondisikan oleh pengakuan bahwa Rusia jauh lebih mungkin menggunakan ancaman semacam itu untuk tujuan propaganda daripada mengambil risiko bentrokan langsung dengan aliansi trans-Atlantik.



“Sepertinya itu sebagian merupakan operasi pengaruh Rusia atau sedikit psyops,” kata seorang pejabat senior Eropa kepada Washington Examiner.

Kontroversi terbaru berpusat di Kaliningrad, bekas wilayah Prusia di Laut Baltik yang diperoleh Moskow setelah Perang Dunia Kedua. Distrik yang sangat termiliterisasi ini telah lama menghadirkan duri Rusia di pihak NATO. Namun, benteng ini sebagian tetap bergantung pada pasokan kereta api yang melintasi negara tetangga Lithuania — yang pekan lalu mengumumkan bahwa beberapa dari pengiriman itu harus dibatasi, sesuai dengan sanksi yang diberlakukan oleh Uni Eropa.

“Rusia tentu saja akan menanggapi tindakan permusuhan semacam ini,” kata kepala Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev, sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, pada Selasa kemarin.

“Langkah-langkah yang diperlukan akan segera diperkenalkan. Mereka akan memiliki konsekuensi negatif yang serius bagi penduduk Lithuania,” imbuhnya.



Keluhan Rusia memungkiri fakta bahwa tindakan Lituania telah dijadwalkan secara implisit oleh sanksi Uni Eropa yang diberlakukan sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina pada bulan Februari. Larangan transit, ketika sanksi diterapkan secara total, akan mencegah pengiriman dengan kereta api dari sekitar setengah pengiriman komersial ke Kaliningrad - sebagian besar komoditas seperti semen dan produk bijih besi.

“Sesuai dengan sanksi UE, ada pembatasan impor dan ekspor yang berlaku dalam hubungan dengan barang-barang tertentu,” kata perwakilan tinggi Uni Eropa Josep Borrell, mantan politisi Spanyol yang memimpin korps diplomatik blok itu, pada Senin.

“Tuduhan terhadap Lituania bahwa mereka menerapkan sanksi Lituania adalah salah, murni propaganda,” ia menambahkan.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1835 seconds (0.1#10.140)