11 Perseteruan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah

Senin, 29 Juni 2020 - 09:02 WIB
loading...
11 Perseteruan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah
Umat manusia sudah berada di planet Bumi beribu-ribu tahun lamanya. Selama itu pula manusia mengalami banyak sekali peristiwa, salah satunya peristiwa perselisihan antaranak Adam. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
UMAT manusia sudah berada di planet Bumi beribu-ribu tahun lamanya. Selama itu pula manusia mengalami banyak sekali peristiwa, salah satunya peristiwa perselisihan antaranak Adam. Banyak sekali perseteruan bersejarah, baik itu dilakukan secara pribadi maupun secara keluarga yang telah membawa perubahan di dunia.

1. Muhammad Ali dan Joe Frazier

11 Perseteruan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah


Kedua petinju legendaris ini lebih sering bertengkar di luar ring daripada di dalam ring. Mereka bertarung di tiga pertandingan di tahun 1970-an, di mana Ali meraih dua kemenangan. (Baca juga: Ngaku Kalah, Mike Tyson: Muhammad Ali yang Terhebat)

Di luar ring, Ali terus berusaha memusuhi Frazier dan menghinanya setiap kesempatan yang didapatnya. Perselisihan Ali dan Fraizer menjadi salah satu perseteruan bersejarah yang banyak menyedot perhatian publik dunia.

2. Joseph Stalin dan Leon Trotsky

11 Perseteruan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah


Trotsky memiliki peran penting dalam perebutan kekuasan Bolshevik. Meski demikian konflik bersejarahnya dengan Joseph Stalin menyingkirkannya dari kekuasaan di Soviet. Di awal 1920-an, Trotsky diyakini akan menjadi penerus Lenin, tetapi ia kalah dalam perebutan kekuasaan dengan Stalin. (Baca juga: Mereka Diktator yang Berlumur Darah ketika Berkuasa)

Setelah kematian Lenin pada 1924, Trotsky beserta pendukungnya menjadi Oposisi Kiri untuk melawan kebijakan Stalin. Menghadapi hal itu, Stalin dan para pendukungnya melakukan serangan balik dengan malakukan propaganda terhadap Trotsky.

Akibat konfliknya dengan Stalin, Trotsky dipecat dari Partai Komunis pada 1927 dan diasingkan pada 1928. Pada 1936, Trotsky diberikan suaka di Meksiko dan menjadi tempat terakhirnya sebelum meninggal dibunuh antek Stalin pada 1940.

3. Thomas Edison dan Nikola Tesla

11 Perseteruan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah


Persaingan antara dua penemu ini dapat digambarkan sebagai pertempuran antara arus listrik DC (searah) dan AC (arus bolak-balik). Nikola Tesla awalnya bekerja untuk perusahaan Edison dan mencoba memperingatkannya betapa terbatasnya arus searah (DC) bila dibandingkan dengan arus bolak-balik (AC).

Edison tidak menyukai ide-ide Tesla dan menyebabkan Tesla keluar dari perusahaan Edison dan menjual patennya ke perusahaan lain. Selama bertahun-tahun, Edison terus meremehkan pekerjaan Tesla karena kecemburuan; Namun terlepas dari itu semua, keduanya diakui secara anumerta karena warisan penting keduanya hingga saat ini. (Baca juga: Kekeliruan Ilmiah Pemikiran Jenius Para Ilmuwan)

4. Keluarga Medici dan keluarga Pazzi

11 Perseteruan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah


Pertikaian historis ini terjadi pada abad ke-15 di Florence, Italia. Keluarga Medici dikenal sebagai keluarga paling kuat di kota, dan kekuatan mereka mengancam para Pazzis. Pada 26 April 1478, beberapa anggota keluarga Pazzi memutuskan mengorganisir upaya pembunuhan terhadap beberapa anggota Medici.

Mereka melakukannya selama misa di Katedral Florence. Mereka berhasil membunuh Giuliano de Medici, dan sebagai pembalasan, keluarga Medici mengeksekusi para pembunuh dan mengasingkan sisa keluarga Pazzi.

5. Adolf Dassler versus Rudolf Dassler

11 Perseteruan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah


Adolf Dassler dan Rudolf Dassler adalah pengusaha sepatu dari kota Herzogenaurach, Jerman. Mereka juga bersaudara, yang membuat perseteruan mereka semakin aneh. (Baca juga: Adidas Luncurkan Koleksi Baru untuk Rayakan Musim Semi)

Tidak ada yang tahu persis apa yang menjadi penyebab perselisihan kedua saudara tersebut. Meskipun mereka mencapai kesuksesan ketika atlet terkenal Amerika Serikat (AS) Jesse Owens mengenakan sepatu di Olimpiade Berlin 1936, keduanya pecah kongsi. (Baca juga: Puma Luncurkan Sepatu Fashionable untuk Wanita)

Keduanya lalu membagi perusahaan menjadi dua. Sejarah membuktikan konflik keduanya melahirkan dua merek pakaian terkenal yakni Adolf dengan Adidas, dan Rudolf dikenal dengan Puma-nya.

6. Alexander Hamilton versus Aaron Burr

11 Perseteruan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah


Kedua politisi di abad ke-18 ini adalah teman baik sampai Burr berhasil mengalahkan ayah mertua Hamilton untuk mendapatkan kursi di Senat New York. Ini mengubah persahabatan mereka menjadi perseteruan yang dikenal luas serta dibumbui dengan penggunaan senjata.

Ironisnya perselisihan itu berakhir tragis. Hamilton yang tak ingin berduel hanya menembakkan senjatanya ke udara, sementara Burr justru memuntahkan peluru senjatanya mengenai perut Hamilton yang membuatnya menghembuskan napas terakhirnya.

7. The Feud Of Biddulph, Ontario

11 Perseteruan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah


Pertikaian ini melibatkan seluruh warga kota yang menentang sebuah keluarga di Kota Ontario, Kanada bernama Donnellys (dikenal sebagai Black Donnelly). Black Donnelly adalah kisah keluarga Irlandia yang beremigrasi ke Ontario Kanada. (Lihat grafis: Amerika Serikat Hibahkan 3 Unit Multirole-Radar untuk Indonesia)

Lima keluarga Donnelly dibunuh oleh gerombolan bersenjata di kotapraja Lucan Biddulph pada Februari 1880 dan tanah pertanian mereka dibakar, puncak dari konflik lama antara keluarga dan penduduk setempat. Tidak ada yang dihukum atas pembunuhan itu, meskipun ada dua pengadilan.

8. The Stewarts dan The Douglases

11 Perseteruan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah


Perseteruan ini terjadi di Skotlandia pada abad ke-15. Kedua keluarga ini berperang terus-menerus satu sama lain, dan tidak ada akhir yang damai. Pada 1440, Raja James II dari Skotlandia mengundang dua anggota keluarga Douglas untuk makan malam namun keduanya justru melakukan pembunuhan.

Beberapa tahun kemudian, Raja membunuh anggota keluarga lain dengan melemparkan mereka keluar dari jendela istananya. Ini semua semakin memperuncing perselisihan kedua keluarga. Keluarga Stewars dan Douglas akhirnya bertemu di medan perang pada 1455 di mana keluarga Stewart akhirnya menang.

9. Vendetta Ako

11 Perseteruan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah


Peristiwa legendaris ini terjadi di Jepang selama abad ke-17. Kira Yoshinaka, seorang pejabat militer, terus-menerus tidak menghormati Asano Naganori, seorang penguasa feodal.

Naganori akhirnya muak dan menyerang Yoshinaka untuk membela diri, tetapi dia justru ditangkap dan dipaksa melakukan ritual bunuh diri yang dikenal sebagai seppuku. Setelah mereka mengetahui kematiannya, para prajurit samurai yang loyal memutuskan membalasnya.

Ada 47 dari mereka yang menyerang rumah Yoshinaka dan membunuhnya. Mereka akhirnya ditangkap dan dipaksa untuk melakukan seppuku juga.

10. Klan Kay dan Klan Chattan

11 Perseteruan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah


Perseteruan dua klan keluarga ini terjadi di Skotlandia abad pertengahan. Orang-orang tidak yakin dari mana tepatnya klan Kay berasal, dengan mayoritas percaya bahwa mereka sebenarnya adalah bagian dari klan Chattan.

Perseteruan mereka memuncak pada 1396 dalam pertempuran head-to-head. Mereka membangun medan perang tertutup, dan tiga puluh orang dari masing-masing pihak dipilih untuk bertarung dengan senjata. Pertempuran itu dikenal sebagai Pertempuran Inch Utara dan akhirnya klan Chattan muncul sebagai pemenang.

11. The Campbells dan The MacDonalds

11 Perseteruan Paling Terkenal Sepanjang Sejarah


Perseteruan terkenal ini juga berada di Skotlandia dan terjadi di abad ke-17. Setelah hanya berupa letupan-letupan kecil, konflik ini akhirnya memuncak ketika MacDonalds menolak memberikan sumpah kesetiaan kepada bendera Inggris pada 1692.

Raja Inggris pun murka dan menawari keluarga Campbell untuk melawan MacDonals. Campbell dengan cepat menerima tawaran itu. Keluarga Campbell menyusup ke kamp MacDonald yang kemudian membunuh keluarga tersebut ketika mereka sedang tidur.

Sumber: www.worldatlas.com, www.toptenz.net
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)