7 Perang Terbesar di Dunia

Senin, 29 Juni 2020 - 06:36 WIB
loading...
A A A
7 Perang Terbesar di Dunia


Merupakan serangkaian perang ketika Napoleon Bonaparte berkuasa di Prancis pada 1799 hingga 1815. Peperangan ini tercatat sebagai salah satu perang terbesar sebelum Perang Dunia I dan memberikan dampak terjadinya perubahan besar pada sistem militer di Eropa terutama pada artileri dan organisasi militer. (Baca juga: Pemimpin Dunia Bereputasi Besar dengan Tubuh Pendek)

Perang ini dimulai saat terbentuknya koalisi negara-negara di Eropa yang prihatin atas jatuhnya Raja Louis XVI akibat Revolusi Prancis yang dipimpin oleh Napoleon. Perang ini berakhir saat Pasukan Napoleon kalah di pertempuran Waterloo tahun 1815.

4. Perang Dunia I

7 Perang Terbesar di Dunia


Perang yang berlangsung dari 28 Juli 1914 hingga 11 November 1918 ini tercatat sebagai salah satu peperangan paling berdarah dalam sejarah umat manusia. Perang ini melibatkan 2 koalisi, yaitu Entente Tiga (Prancis, Rusia, dan Inggris) dan Alians Tiga (Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia).

Pemicu perang adalah terbunuhnya Pangeran Franz Ferdinand dari Austria-Hongaria di Sarajevo oleh Gravilo Princip, seorang Nasionalis dari Yugoslavia. Perang Dunia I ini menjadi sebuah titik balik dunia dalam bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. (Lihat grafis:China Dilaporkan Bikin Senjata Nuklir Super-EMP yang Bisa Lumpuhkan AS)

5. Perang Dunia II

7 Perang Terbesar di Dunia


Perang Dunia II dari 1939 hingga 1945 ini ditandai dengan invasi Jerman, yang saat itu dikuasai partai Nazi. Jerman dan Italia membentuk aliansi Poros dan mulai menguasai negara-negara lain di Eropa. (Baca juga: Kisah Jenderal Amerika Pimpin Perang Dunia II dari Bukit Sentani Papua)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)