Spesifikasi Orlan 10, Drone Canggih Rusia dengan Kemampuan Menakjubkan

Senin, 20 Juni 2022 - 23:30 WIB
loading...
Spesifikasi Orlan 10, Drone Canggih Rusia dengan Kemampuan Menakjubkan
Spesifikasi Orlan 10, Drone Canggih Rusia dengan Kemampuan Menakjubkan. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Dalam perkembangannya, Rusia menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia. Negara yang saat ini dipimpin Vladimir Putin tersebut memiliki berbagai alat tempur canggih dengan kemampuan fantastis.

Salah satu diantaranya adalah drone Orlan-10. Orlan-10 ini merupakan sebuah kendaraan tanpa awak atau UAV yang dikembangkan oleh Special Technology Center (STC) di Saint Petersburg. Tujuan utamanya adalah untuk digunakan Angkatan Bersenjata Rusia.



Dilansir dari Military History, Orlan-10 diperkirakan memiliki harga sekitar US$87.000 hingga US$120.000. Dalam fungsinya, drone canggih ini bisa digunakan untuk misi pengintaian pada ketinggian 1 hingga 1,5 km, pencarian dan penyelamatan, deteksi sinyal radio, pelacakan, hingga latihan tempur.

Selain itu, diketahui lebih dari 1000 drone Rusia ini telah diproduksi dengan 11 varian yang berbeda. Bahkan, 50 diantaranya dikirim untuk ekspor pada 2021.

Dikutip dari Airforce Technology, produksi UAV ini dimulai pada 2010. Unit Penerbangan Tanpa Awak Rusia yang berada di Armenia menerima Orlan-10 pada Oktober 2015. Kala itu, drone ini digunakan dalam misi pengintaian udara di daerah pegunungan tinggi.

Dalam perkembangannya, Orlan-10 juga digunakan YuVO di Kaukasus Utara pada Juli 2020. Berdasarkan fiturnya, drone ini terdiri dari Kendaraan Udara Tanpa Awak, sistem peluncuran dan pemulihan, segmen kontrol darat, dan muatan yang bisa diganti.



Orlan-10 memiliki desain yang modular dengan konfigurasi sayap tinggi. Sedangkan bagian ekornya terdiri dari bagian ekor dan penstabil vertikal. Dalam muatannya, drone Rusia membawa kamera pencitraan termal, kamera video, hingga pemancar radio di pod kamera yang distabilkan gyro.

Orlan-10 juga dilengkapi kemampuan peperangan elektronik dan bisa membedakan antara sarana transmisi musuh dan teman. Selain itu, bisa juga dipasang pemancar interferensi dan mengatur zona jamming seluler.

Berikut Spesifikasi Orlan-10 milik Rusia:

-Mesin : Mesin Pembakaran Internal A-95 (bahan bakar bensin)
-Muatan : 6 kg
-Berat Lepas Landas : 15 kg
-Durasi Penerbangan Max : 16 Jam
-Ketinggian Max : 5.000 m
-Metode Peluncuran : Folding Catapult
-Metode Pendaratan : Parasut
-Kecepatan di Udara : 90-150 km/jam
-Suhu Pengoperasian : 30-40 Derajat Celcius
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1552 seconds (0.1#10.140)