Lavrov: Kontak dengan Eropa Tak Lagi Jadi Prioritas Rusia

Jum'at, 17 Juni 2022 - 07:12 WIB
loading...
Lavrov: Kontak dengan Eropa Tak Lagi Jadi Prioritas Rusia
Ilustrasi
A A A
ST. PETERSBURG - Moskow selalu berhubungan dengan Barat dan Timur, tetapi sekarang kontak dengan Eropa tidak menjadi prioritas Rusia . Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov dalam wawancara yang disiarkan televisi.

"Kami selalu bekerja dengan Barat, Timur, Utara, dan Selatan. Sejak saat Barat memutuskan semua kontak, kami secara objektif bekerja dengan Timur, seperti sebelumnya. Kami memperluas kontak dengan Timur, seperti biasa. Tapi di secara absolut kontak-kontak ini tumbuh, sementara secara relatif Eropa telah menghilang dari prioritas kami, tentu saja," kata Lavrov.



Ia mengungkapkan hal itu dalam sebuah wawancara dengan saluran NTV di sela-sela Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg pada Kamis (15/6/2022). Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg yang diselenggarakan oleh Roscongress Foundation berlangsung dari 15 hingga 18 Juni.

Meski demikian, Rusia dan Uni Eropa tidak akan menutup pintu komunikasi. Utusan Rusia untuk Uni Eropa Vladimir Chizhov pada hari Kamis mengatakan, Rusia dan Uni Eropa memilih untuk tidak menutup pintu meskipun hubungan mereka mencapai titik terendah yang pernah ada.

"Adapun hubungan kami, mereka berada pada titik terendah sepanjang waktu tidak hanya pekerjaan saya (sebagai utusan Rusia untuk UE - TASS), tetapi sepanjang waktu keberadaan mereka," kata Chizhov, seperti dikutip dari TASS.



"Tentu saja, kami tidak membanting pintu, dan mereka juga terlalu berhati-hati untuk menutup pintu. Sebab, apa pun yang dikatakan orang, Uni Eropa tetap menjadi mitra perdagangan dan ekonomi terbesar kami," lanjutnya.

Menurut Chizhov, kedua belah pihak mengerti bahwa tidak akan ada lagi bisnis seperti biasa.



"Apa yang terjadi selanjutnya? Apakah UE akan mempertimbangkan kembali posisinya mengenai Rusia dan kami akan bersama-sama atau secara paralel merancang fondasi baru untuk hubungan, atau Eropa, yang diwakili oleh UE, akan berubah menjadi halaman belakang pembangunan global selama beberapa dekade mendatang," kata Chizhov.

Forum tahun ini sendiri dijuluki: 'Peluang Baru di Dunia Baru'. Forum UKM, Forum Bisnis Kreatif, Forum Keamanan Narkoba, Dialog Junior SPIEF dan Pekan Olahraga SPIEF juga akan menjadi bagian dari acara SPIEF.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)