Macron, Kanselir Jerman, PM Italia, dan Presiden Rumania Tiba di Kiev Naik Kereta

Kamis, 16 Juni 2022 - 22:00 WIB
loading...
Macron, Kanselir Jerman, PM Italia, dan Presiden Rumania Tiba di Kiev Naik Kereta
(Foto kiri ke kanan) Perdana Menteri Italia Mario Draghi, Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Olaf Scholz duduk di kereta saat perjalanan ke Kiev, Ukraina. Foto/Michael Fischer/dpa
A A A
KIEV - Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri (PM) Italia Mario Draghi, dan Presiden Rumania Klaus Iohannis tiba dengan kereta api di ibu kota Ukraina, Kiev, pada Kamis pagi (16/6/2022).

Ini adalah kunjungan pertama mereka ke Kiev masing-masing sejak dimulainya operasi militer Rusia di Ukraina pada akhir Februari lalu.

Menurut surat kabar Italia La Repubblica, Scholz, Macron dan Draghi harus menyeberangi perbatasan Polandia-Ukraina dengan berjalan kaki, tidur "di ranjang" dan mengadakan “pertemuan puncak" larut malam di gerbong kereta mereka selama 11 jam perjalanan ke Kiev dari bandara Polandia Rzeszow Jasionka.



Presiden Rumania baru mengumumkan perjalanannya ke Kiev pada Kamis pagi ketika dia tiba di ibu kota Ukraina.



Iohannis memposting foto dirinya keluar dari kereta di Twitter. Keempat pemimpin itu diperkirakan akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan mengunjungi Irpin di pinggiran kota Kiev.

“Kami di sini, fokus, dan kami akan bertemu Presiden Zelensky sekarang untuk mengunjungi lokasi perang di mana pembantaian telah dilakukan, dan kemudian memimpin percakapan yang dijadwalkan dengan Presiden Zelensky,” papar Macron di stasiun kereta Kiev.

Macron menjelaskan, kunjungan itu adalah pesan persatuan Eropa terhadap Ukraina.

Dia menambahkan, “Pekan-pekan mendatang akan sangat sulit (bagi Kiev).”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1555 seconds (0.1#10.140)