Kanselir Jerman Bersumpah Akan Terus Bantu Ukraina

Jum'at, 17 Juni 2022 - 02:42 WIB
loading...
Kanselir Jerman Bersumpah Akan Terus Bantu Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Kanselir Jerman Olaf Scholz berjabat tangan setelah konferensi pers setelah pertemuan mereka di Istana Mariinsky, Kiev, Kamis (16/6/2022). Foto/Al Arabiya/AFP
A A A
KIEV - Jerman akan terus memberikan dukungan militer ke Ukraina selama diperlukan. Demikian pernyataan Kanselir Jerman, Olaf Scholz, di Kiev di tengah kritik atas respons Berlin yang relatif lambat dalam pengiriman persenjataan.

“Kami mendukung Ukraina dengan pengiriman senjata. Kami akan terus melakukan itu selama diperlukan,” katanya pada konferensi pers bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dengan pemimpin Italia, Prancis, dan Rumania.

Kanselir Jerman itu tidak membuat janji senjata baru, tetapi menunjuk pada janji sebelumnya seperti perisai pertahanan udara Iris-T dan sistem roket peluncuran ganda MARS II.

“Ini persis tentang itu – kemungkinan untuk mengatur pertahanan dalam jarak yang lebih jauh dan semua yang terkait dengan semua senjata ini,” ujarnya.



“Itulah yang dibutuhkan sekarang,” sambung Scholz seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (17/6/2022).

Jerman berada di bawah tekanan karena lambannya pengiriman senjata berat yang sebenarnya untuk mendukung Ukraina, dengan Zelensky awal pekan ini menyebut Berlin sebagai negara yang lamban dalam pasokan persenjataan.

Setelah pembicaraan mereka, Zelensky mengatakan dia menerima dukungan dari masing-masing pemimpin dan Jerman tidak terkecuali.

"Saya merasakan dukungan Olaf Scholz hari ini dan saya senang," katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)