AS Sebut Selat Taiwan Jalur Perairan Internasional, China Marah

Rabu, 15 Juni 2022 - 10:27 WIB
loading...
AS Sebut Selat Taiwan Jalur Perairan Internasional, China Marah
Kapal perusak dengan rudal kendali klas Arleigh Burke, USS Kidd, dan kapal Penjaga Pantai AS Munro melakukan transit di Selat Taiwan. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) pada Selasa (14/6/2022) mendukung pernyataan Taiwan bahwa selat yang memisahkan pulau itu dari daratan China adalah jalur perairan internasional.

Pernyataan AS itu menjadi bentuk penolakan lebih lanjut terhadap klaim Beijing untuk menjalankan kedaulatan atas jalur strategis tersebut.

Selat Taiwan sering menjadi sumber ketegangan militer sejak pemerintah Republik China yang kalah melarikan diri ke Taiwan pada 1949 setelah kalah perang saudara dengan komunis yang mendirikan Republik Rakyat China.



Dalam beberapa tahun terakhir, kapal perang AS, dan kadang-kadang kapal-kapal dari negara-negara sekutu seperti Inggris dan Kanada, telah berlayar melalui selat itu. Tindakan itu memicu kemarahan Beijing.



Pada Senin, Kementerian Luar Negeri China mengatakan, “China memiliki kedaulatan, hak berdaulat, dan yurisdiksi atas Selat Taiwan."



China menegaskan, "Klaim palsu ketika negara-negara tertentu menyebut Selat Taiwan sebagai perairan internasional."

Mengomentari hal itu pada Selasa, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan dalam email kepada Reuters, “Selat Taiwan adalah jalur air internasional, yang berarti Selat Taiwan adalah area di mana kebebasan laut lepas, termasuk kebebasan navigasi dan penerbangan, dijamin di bawah hukum internasional.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)