NATO Janjikan Lebih Banyak Senjata Berat untuk Ukraina

Rabu, 15 Juni 2022 - 08:22 WIB
loading...
NATO Janjikan Lebih Banyak Senjata Berat untuk Ukraina
Seorang anak berdiri di tengah bom Rusia yang ditemukan di Kiev, Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Ukraina harus mendapatkan lebih banyak senjata berat NATO. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengungkapkan hal itu pada Selasa (14/6/2022).

Pernyataan itu muncul menjelang pertemuan “kelompok kontak” yang dipimpin Amerika Serikat (AS) untuk membahas logistik dari usaha itu.

NATO sedang mencoba untuk beradaptasi dengan tuntutan yang "terus berubah" dari Kiev, menurut utusan AS untuk aliansi.

Baca juga: Kanada dan Denmark Akhiri Perang Wiski, Pulau Hans Dibagi Dua

"Ukraina harus memiliki lebih banyak senjata berat dan sekutu serta mitra NATO telah menyediakan senjata berat ... dan mereka juga meningkatkan," ungkap Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg pada Selasa di Den Haag, saat dia bertemu para pemimpin tujuh negara anggota menjelang konferensi tingkat tinggi (KTT) NATO yang dijadwalkan akhir Juni.

Baca juga: Ajudan Zelensky Ungkap Alasan Ukraina Pilih Perang Kota

“Dalam hal persenjataan, kami bersatu di sini bahwa sangat penting bagi Rusia untuk kalah perang,” papar Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte, yang menjadi tuan rumah pertemuan tersebut.

Baca juga: Komandan Legiun Georgia Ungkap Jumlah Warga Inggris yang Berperang di Ukraina

“Dan karena kita tidak dapat memiliki konfrontasi langsung antara pasukan NATO dan Rusia, yang perlu kita lakukan adalah memastikan Ukraina dapat melawan perang itu, bahwa ia memiliki akses ke semua persenjataan yang diperlukan,” ujar dia.

Presiden Rumania Klaus Johannis, Perdana Menteri (PM) Denmark Mette Frederiksen, PM Belgia Alexander De Croo, PM Polandia Mateusz Morawiecki, PM Portugis Antonio Costa, dan PM Latvia Krisjanis Karins juga menghadiri pertemuan di Belanda.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1433 seconds (11.252#12.26)