Komandan Legiun Georgia Ungkap Jumlah Warga Inggris yang Berperang di Ukraina

Selasa, 14 Juni 2022 - 20:21 WIB
loading...
Komandan Legiun Georgia Ungkap Jumlah Warga Inggris yang Berperang di Ukraina
Komandan Legiun Georgia Mamuka Mamulashvili berperang untuk Ukraina melawan Rusia. Foto/9gag.com
A A A
KIEV - Sebanyak 3.000 warga negara Inggris bertempur bersama pasukan Ukraina melawan pasukan Rusia. Surat kabar Inggris The Independent melaporkan hal itu pada Selasa (14/6/2022), mengutip seorang komandan unit sukarelawan asing Legiun Georgia.

Mamuka Mamulashvili yang memimpin Legiun Georgia, mengatakan total hampir 20.000 pejuang asing saat ini bertugas di unit sukarelawan di Ukraina.

Menurut perkiraan Mamulashvili, hampir sepertujuh dari mereka adalah warga negara Inggris, atau hampir 3.000 orang.



Komandan itu melanjutkan untuk mengungkapkan warga Inggris adalah kelompok kedua yang paling banyak di antara para pejuang luar negeri, diikuti warga Amerika Serikat (AS).



London belum menerbitkan penghitungan resmi warga Inggris yang pergi berperang untuk Ukraina.



Sejak Moskow menyerang tetangganya, para pejabat tinggi Inggris telah mengirim pesan beragam tentang sukarelawan Inggris yang menuju ke zona konflik.

Berbicara di program Sunday Morning BBC One pada akhir Februari, Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris Liz Truss berpendapat, "itu adalah sesuatu yang orang dapat membuat keputusan mereka sendiri."

Dia menambahkan, "Jika orang ingin mendukung perjuangan Ukraina untuk kebebasan dan demokrasi, saya akan mendukung mereka dalam melakukan itu.”

Pada saat yang sama, situs web Departemen Luar Negeri Inggris memperingatkan, “Mereka yang bepergian ke Ukraina untuk berjuang, atau membantu orang lain yang terlibat dalam konflik dapat dituntut ketika mereka kembali ke Inggris.”

Downing Street dengan cepat secara terbuka menjauhkan diri dari pernyataan Menteri Luar Negeri Inggris pada saat itu, dengan juru bicara mendesak warga Inggris untuk mengindahkan saran perjalanan yang relevan.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mencatat, “Kecuali Anda terlatih dengan baik, ada cara yang lebih baik untuk berkontribusi pada keamanan Ukraina.”

Dalam wawancara dengan BBC pada awal Maret, Kepala Angkatan Bersenjata Inggris Laksamana Sir Anthony David Radakin menggemakan sentimen itu, dengan mengatakan, “Akan melanggar hukum dan tidak membantu bagi personel dinas militer aktif Inggris untuk melakukan perjalanan ke zona perang.”

Sejumlah mantan tentara Inggris tetap melakukan perjalanan untuk berperang bersama militer Ukraina. Setidaknya dua orang dari mereka telah terbunuh sejauh ini.

Jordan Gatley (24) ditembak mati di kota Severodonetsk, dengan keluarganya diberitahu pada Jumat.

Pada akhir April, warga negara Inggris lainnya, Scott Sibley, dipastikan tewas di Ukraina. Dalam berita kematian di media sosial, teman-temannya menggambarkannya sebagai “mantan tentara yang bertugas.”

Kamis lalu, pengadilan di Republik Rakyat Donetsk (DPR) menyatakan dua pejuang Inggris, yang ditangkap di kota Mariupol, Ukraina, bersalah karena bertindak sebagai tentara bayaran dan berusaha merebut kekuasaan dengan paksa di DPR.

Baik Aiden Aslin dan Shaun Pinner dijatuhi hukuman mati.

London telah menolak persidangan itu sebagai "palsu" dan bersikeras bahwa kedua orang itu adalah anggota sah Angkatan Bersenjata Ukraina dan harus diperlakukan sebagai tawanan perang.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)