Anggota Kesepakatan Abraham Bertemu Juli, Bentuk Aliansi Militer?

Selasa, 14 Juni 2022 - 15:34 WIB
loading...
A A A
Pembicaraan tentang pembentukan front militer gabungan, semacam NATO regional, telah dikemukakan sebelumnya.

Tahun lalu, dilaporkan bahwa UEA, Israel, Mesir dan Bahrain telah bekerja menciptakan aliansi semacam itu untuk mengekang Iran dan sekutunya di Timur Tengah.

Terlepas dari beberapa pertemuan, bagaimanapun, kata-kata belum diterjemahkan ke dalam tindakan.

Sebagian alasannya, menurut Mubarak, adalah meletusnya pandemi virus corona dan pembatasan perjalanan yang dipicunya.

Faktor lain yang menghambat kemajuan adalah ketidakstabilan politik di Israel, yang telah melalui empat putaran pemilu dalam tiga tahun terakhir, serta ketegangan antara negara Yahudi dan Hamas.

Sekarang, bagaimanapun, menurut analis politik, waktunya telah tiba untuk menerjemahkan kata-kata menjadi tindakan, dengan Israel, UEA dan Bahrain diharapkan memimpin aliansi baru.

"Kedua negara Teluk tidak memiliki warisan perang dengan Israel. Mereka juga tidak memiliki kehadiran Palestina yang besar, dua faktor yang berkontribusi pada perdamaian dingin (seperti yang dimiliki Israel dengan Yordania dan Mesir)," papar dia.

"(Begitu kerjasama ini terbukti berhasil), akan bermanfaat dalam mengusulkan implementasi pencapaian ini di Mesir, Yordania, Maroko, Sudan dan negara regional pendukung perdamaian di masa depan," ujar dia.

Beberapa negara Teluk yang saat ini tidak memiliki hubungan resmi dengan Israel baru-baru ini mulai membuat tanda-tanda bahwa mereka akan tertarik untuk lebih dekat dengan negara Yahudi itu.

Surat kabar Kuwait A-Seyyasah, misalnya, menerbitkan artikel halaman depan tentang peluang yang hilang dari negara-negara Arab dengan tidak mencapai kesepakatan dengan para pejabat di Yerusalem.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)