Menteri Pertahanan Amerika: China Jadi Lebih Agresif di Asia

Sabtu, 11 Juni 2022 - 14:45 WIB
loading...
Menteri Pertahanan Amerika: China Jadi Lebih Agresif di Asia
Menteri Pertahanan Amerika: China Jadi Lebih Agresif di Asia. FOTO/CNA
A A A
SINGAPURA - Amerika Serikat (AS) akan melakukan bagiannya untuk mengelola ketegangan dengan China dan mencegah konflik, meskipun Beijing menjadi semakin agresif di kawasan Asia , termasuk di dekat Taiwan. Hal itu diungkapkan a Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, Sabtu (11/6/2022).

Hubungan antara China dan AS telah tegang dalam beberapa bulan terakhir, di mana dua kekuatan ekonomi terbesar dunia bentrok dalam segala hal. Mulai dari Taiwan dan catatan hak asasi manusia China, hingga aktivitas militernya di Laut China Selatan.

Baca: Menhan China kepada AS: Beijing Tidak Ragu Memulai Perang Atas Taiwan

Pada pertemuan antara Austin dan Menteri Pertahanan China Wei Fenghe pada hari Jumat, kedua belah pihak menegaskan bahwa mereka ingin mengelola hubungan mereka dengan lebih baik, meskipun tidak ada tanda-tanda terobosan dalam menyelesaikan perbedaan.

Mengatasi Dialog Shangri-La, pertemuan keamanan utama Asia, Austin mengatakan AS akan terus mendukung sekutunya, termasuk Taiwan. “Itu sangat penting karena RRC (Republik Rakyat China) mengadopsi pendekatan yang lebih koersif dan agresif terhadap klaim teritorialnya,” katanya.

China mengklaim Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri sebagai miliknya dan telah berjanji untuk mengambilnya dengan paksa jika perlu.

Austin mengatakan, telah terjadi peningkatan yang "mengkhawatirkan" dalam jumlah pertemuan yang tidak aman dan tidak profesional antara pesawat dan kapal China dengan negara lain.

Baca: Pemerintahan Baru Filipina Menentang Kehadiran China di Perairan Sengketa

Sebuah pesawat tempur China secara berbahaya mencegat sebuah pesawat pengintai militer Australia di wilayah Laut China Selatan pada bulan Mei dan militer Kanada menuduh pesawat tempur China mengganggu pesawat patroli mereka saat mereka memantau penghindaran sanksi Korea Utara.

Taiwan telah mengeluh selama bertahun-tahun tentang misi Angkatan Udara China yang berulang ke zona identifikasi pertahanan udaranya, yang bukan wilayah udara territorial, tetapi area yang lebih luas yang dipantaunya dari ancaman. Austin mengatakan, serangan ini telah melonjak dalam beberapa bulan terakhir.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1837 seconds (11.97#12.26)