Putin: Rusia Akan Serang Target Baru Jika Ukraina Dipasok Rudal Jarak Jauh

Minggu, 05 Juni 2022 - 21:07 WIB
loading...
Putin: Rusia Akan Serang Target Baru Jika Ukraina Dipasok Rudal Jarak Jauh
Putin: Rusia Akan Serang Target Baru Jika Ukraina Dipasok Rudal Jarak Jauh. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin memperingatkan Barat, bahwa Rusia akan menyerang target baru jika Amerika Serikat (AS) mulai memasok Ukraina dengan rudal jarak jauh, kantor berita TASS melaporkan pada Minggu (5/6/2022).

“Jika rudal semacam itu dipasok, kami akan menyerang target yang belum kami serang," kata Putin seperti dikutip dalam wawancara dengan saluran televisi pemerintah Rossiya-1. Putin tidak menyebutkan target yang direncanakan Rusia untuk digempur jika negara-negara Barat mulai memasok Ukraina dengan rudal jarak jauh.



“Kami memahami bahwa pasokan (sistem roket canggih) dari AS dan beberapa negara lain dimaksudkan untuk membuat atas kerugian peralatan militer ini,” kata Putin. "Ini bukan hal baru. Itu tidak mengubah apa pun pada dasarnya," lanjutnya.

“Ini semua adalah sistem roket peluncuran ganda dan tentara Ukraina mengoperasikan sistem roket Grad, Smerch, dan Uragan buatan Soviet dan Rusia yang serupa,” tambah Putin. Menurutnya, jangkauan 'tergantung pada roket yang digunakan dan bukan pada sistem itu sendiri."

"Apa yang kita dengar hari ini dan apa yang kita pahami, ini adalah roket yang terbang hingga jarak 45-70 km tergantung pada tipe roket. Hal yang sama berlaku untuk sistem roket Grad, Uragan, dan Smerch yang saya bicarakan. Mereka juga memiliki jangkauan 40-70 km dan tidak ada yang baru tentang itu," jelas Putin.



Sebelumnya, Ukraina telah mencari Multiple Rocket Launch Systems (MLRS), seperti M270 dan M142 HIMARS untuk menyerang pasukan dan persediaan senjata di belakang pasukan Rusia.

Presiden AS Joe Biden mengumumkan rencana minggu ini untuk memberikan sistem roket HIMARS presisi ke Ukraina setelah menerima jaminan dari Kiev bahwa mereka tidak akan menggunakannya untuk mencapai target di dalam Rusia.

Meskipun pejabat Rusia telah memperingatkan bahwa keputusan AS untuk memasok Ukraina dengan sistem roket canggih dapat memperburuk konflik, Putin mengatakan itu tidak akan membawa perubahan mendasar di medan perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)