Ilmuwan Ini Latih Tikus Jadi Penyelamat Korban Gempa

Sabtu, 04 Juni 2022 - 14:03 WIB
loading...
A A A
“Mereka sangat gesit, mereka sangat pandai bergerak melalui semua jenis lingkungan yang berbeda. Mereka sempurna untuk pekerjaan tipe pencarian dan penyelamatan,” terang Donna.

“Mereka bisa hidup dari apa saja. Mereka sangat pandai bertahan di lingkungan yang berbeda yang hanya menunjukkan betapa cocoknya mereka untuk pekerjaan pencarian dan penyelamatan,” katanya.

Nantinya, tikus-tikus tersebut akan dibekali prototipe ransel buatan sendiri. Ransel tersebut berisi mikrofon dan peralatan video serta pelacak lokasi yang akan dibuat untuk memungkinkan tim penyelamat berkomunikasi dengan para penyintas.

“Seorang kolega adalah penjahit, dia membuat ransel, dia sangat berbakat," ujar Donna.

“Kami mendapatkan ransel yang dibuat khusus yang akan memiliki perekam video, mikrofon, dan pemancar lokasi. Ini sangat tidak biasa," ia menambahkan.

Anjing selama ini telah digunakan untuk tujuan yang sama tetapi tikus memiliki keuntungan karena ukurannya yang kecil dan fleksibilitasnya.

Hewan pengerat itu dilatih untuk menanggapi bunyi bip, yang memanggil mereka kembali ke pangkalan.

“Mereka sangat bisa dilatih, tahap pertama adalah melatih mereka untuk kembali ke titik dasar - mereka merespons bunyi bip.



Donna, yang mempelajari ekologi di Universitas Strathclyde sebelum melanjutkan gelar masternya di Universitas Kent dan PhD di Universitas Stirling, awalnya tertarik pada perilaku primata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)