Waspada, Krisis Pangan Global Meluas dari Gandum hingga Gula

Senin, 30 Mei 2022 - 16:01 WIB
loading...
A A A
Pekan lalu, Reuters melaporkan pabrik tebu di Brasil, produsen dan pengekspor gula terbesar di dunia, membatalkan kontrak ekspor gula dan mengalihkan produksi ke etanol dalam upaya mengambil keuntungan dari harga energi yang tinggi.

Pembatalan eskpor itu diperkirakan setara dengan 400.000 ton gula mentah.

Awal bulan ini, Pakistan memberlakukan larangan total ekspor gula, dengan alasan kekhawatiran mendalam tentang inflasi.

Pada Maret, Rusia melarang ekspor gula hingga akhir Agustus.

“Untuk gula, relatif mudah bagi pabrik Brasil mengalihkan produksi ke produksi etanol jika ekonomi masuk akal, dan ini dapat mendorong pasar gula global lebih tinggi,” ujar Darin Friedrichs, pendiri dan direktur riset pasar di Sitonia Consulting, analisis komoditas yang berbasis di Shanghai, mengatakan kepada South China Morning Post.

“Secara khusus, karena harga pangan dan energi meningkat, ada peningkatan fokus pada penggunaan pangan untuk produksi bahan bakar,” papar dia.

Awal pekan ini, Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva memperingatkan ekonomi global sedang menghadapi "ujian terbesarnya sejak Perang Dunia Kedua."

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan, “Tingkat kelaparan global mencapai titik tertinggi baru, dengan jumlah orang yang menghadapi kerawanan pangan parah berlipat ganda hanya dalam dua tahun, dari 135 juta orang sebelum pandemi menjadi 276 juta jiwa hari ini.”

Namun, Kepala Komersial AB Sugar China Dong Xiaoqiang mengatakan dia tidak memperkirakan kekurangan gula global tahun ini meskipun ada kekhawatiran yang meningkat.

Dia menjelaskan, India dan Thailand, masing-masing produsen gula terbesar kedua dan eksportir nomor dua di dunia, diperkirakan akan meningkatkan produksi gula mereka pada tahun 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)