Zelensky Tuduh Rusia Lakukan Genosida di Donbas

Jum'at, 27 Mei 2022 - 09:18 WIB
loading...
Zelensky Tuduh Rusia Lakukan Genosida di Donbas
Presiden Volodymyr Zelensky menuduh Rusia lakukan genosida di Donbas, Ukraina timur. Foto/Ukrainian Presidential Press Service via REUTERS
A A A
KIEV - Presiden Volodymyr Zelensky menuduh Rusia melakukan “kebijakan genosida yang jelas" di wilayah Donbas, Ukraina timur.

Menurutnya, serangan Moskow di Donbas pada akhirnya bisa membuat wilayah itu menjadi tidak berpenghuni. Dia juga menuduh Moskow ingin menghancurkan kota-kota di wilayah itu menjadi abu.

"Semua ini, termasuk deportasi orang-orang kami dan pembunuhan massal warga sipil, adalah kebijakan genosida yang jelas dilakukan oleh Rusia," katanya dalam pidato harian yang disiarkan televisi, seperti dikutip Al Jazeera, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Rusia Tembakkan Rudal Balistik Iskander ke Langit Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin pada 24 Februari mengirim pasukan ke Ukraina, mengatakan kampanye militer itu bertujuan untuk menghentikan "genosida" terhadap warga Ukraina yang berbahasa Rusia.

Pada bulan April, Parlemen Ukraina mendukung resolusi yang mengakui tindakan militer Rusia di negara itu sebagai "genosida".



Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menggunakan ekspresi yang sama, dengan mengatakan; "Putin berniat mencoba menghapus gagasan menjadi seorang Ukraina."

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menggemakan klaim tersebut.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1327 seconds (10.101#12.26)