Rusia Pecat 115 Tentaranya karena Menolak Perang di Ukraina

Jum'at, 27 Mei 2022 - 07:23 WIB
loading...
Rusia Pecat 115 Tentaranya karena Menolak Perang di Ukraina
Pasukan Rusia yang berperang di Ukraina. Moskow mengonfirmasi pemecatan 115 tentara Garda Nasional karena menolak berperang di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Pengadilan Rusia mengonfirmasi pemecatan 115 tentara Garda Nasional setelah menolak untuk ambil bagian dalam operasi militer Moskow di Ukraina .

Ratusan prajurit itu awalnya menentang pemecatan dan mengajukan banding, namun pengadilan membela keputusan pemerintah.

Kasus tersebut menjadi konfirmasi resmi pertama dari tentara yang menolak bergabung dengan kampanye militer Rusia di Ukraina yang diluncurkan pada 24 Februari.

Rusia selama ini menolak narasi invasi atau perang atas tindakannya di Ukraina, melainkan menggunakan narasi operasi militer khusus. Operasi militer itu untuk membasmi apa yang disebut Moskow sebagai "neo-Nazi" di Ukraina.

Baca juga: Perang Ukraina Sudah 92 Hari, Rusia Gunakan 60 Persen Rudal Presisi Tinggi

Sebuah pengadilan militer di Kabardino-Balkaria, selatan Rusia, mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya memeriksa dokumen yang diperlukan dan menanyai pejabat Garda Nasional—pasukan keamanan domestik yang terpisah dari Angkatan Darat Rusia.



"Disimpulkan bahwa para terdakwa secara sewenang-wenang menolak untuk melakukan tugas resmi dan [pengadilan] menolak banding mereka," bunyi putusan pengadilan.

"Sidang diadakan di balik pintu tertutup untuk menghindari pengungkapan rahasia militer," imbuh pengadilan, seperti dikutip dari AFP, Jumat (27/5/2022).

Mengutip layanan pers pengadilan, kantor berita Interfax melaporkan pada hari Kamis bahwa para prajurit menolak untuk melaksanakan tugas terkait dengan operasi militer khusus Moskow di Ukraina.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2354 seconds (11.210#12.26)