Tentara Rusia Ini Dihukum Penjara Seumur Hidup oleh Ukraina

Selasa, 24 Mei 2022 - 11:01 WIB
loading...
Tentara Rusia Ini Dihukum Penjara Seumur Hidup oleh Ukraina
Tentara Rusia Vadim Shishimarin. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Tentara Rusia Vadim Shishimarin dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena kejahatan perang oleh pengadilan di Kiev, Ukraina.

Jaksa menuduh sersan berusia 21 tahun itu menembak mati seorang warga sipil tua di timur laut Wilayah Sumy Ukraina selama hari-hari pertama serangan militer Rusia, yang diluncurkan pada Februari.

Prajurit Rusia itu menerima hukuman seberat mungkin sesuai hukum Ukraina, karena hukuman mati telah dilarang di negara itu sejak 2000.



“Shishimarin telah melanggar aturan dan kebiasaan perang dan harus dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup," tegas hakim Ukraina, dilansir RT.com.



Pengacara Shishimarin mengatakan mereka akan mengajukan banding atas putusan tersebut, dengan rencana ke Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa jika pengadilan Ukraina yang lebih tinggi menegakkan hukuman tersebut.



Sebelumnya pada Senin (23/5/2022), juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Moskow prihatin dengan pengadilan tentara tersebut, terutama mengingat Rusia saat ini tidak memiliki kemampuan “melindungi kepentingannya di lokasi.”

Lembaga Rusia saat ini tidak dapat melakukan kegiatan mereka di Ukraina, menurut Peskov.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2059 seconds (0.1#10.140)