Eks Kepala MI6: Putin Akan Dikirim ke Sanatorium untuk Hindari Kudeta

Senin, 23 Mei 2022 - 14:51 WIB
loading...
Eks Kepala MI6: Putin Akan Dikirim ke Sanatorium untuk Hindari Kudeta
Mantan Kepala MI6 Inggris, Sir Richard Dearlove, klaim Presiden Rusia Vladimir Putin akan dikirim ke sanatorium tahun depan untuk menghindari kudeta. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Sir Richard Dearlove, mantan Kepala MI6 Inggris, mengeklaim bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin kemungkinan akan dikirim ke sanatorium tahun depan untuk menghindari kudeta.

Menurutnya, pemimpin Kremlin itu dapat ditempatkan di sebuah lembaga untuk perawatan medis bagi orang-orang dengan penyakit kronis.

Sebelumnya, ada serangkaian klaim tentang kesehatan Putin, termasuk dugaan bahwa dia menderita kanker, menjalani kemoterapi dan pengobatan steroid.

Berbicara di podcast One Decision, mantan bos Dinas Intelijen Rahasia Inggris mengatakan Putin akan segera keluar dari kantornya untuk menerima perawatan medis.



"Saya pikir dia akan pergi pada tahun 2023—tetapi mungkin ke sanatorium, dari mana dia tidak akan muncul sebagai pemimpin Rusia," katanya di acara itu.

"Saya tidak mengatakan dia tidak akan muncul dari sanatorium, tetapi dia tidak akan muncul sebagai pemimpin Rusia lagi," ujarnya.

"Itulah cara untuk melanjutkan sesuatu tanpa kudeta," imbuh Dearlove, seperti dikutip The Mirror, Minggu (22/5/2022).

Sir Richard Dearlove menjabat sebagai Kepala MI6 ketika Inggris dan Amerika Serikat menginvasi Irak.

Dearlove mengatakan bahwa pendapat ahli mungkin mulai bergeser di Rusia yang dapat menunjukkan perubahan pemikiran dan sikap.

"Saya rasa opini publik belum benar-benar berubah di Rusia, tetapi saya pikir opini para ahli mungkin mulai bergeser," katanya.

Dia mengakui agak terkejut ketika mendengar reaksi terbaru Putin terhadap rencana Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan NATO dan berspekulasi; "Di suatu tempat di mesin ada perubahan suasana hati."

“Putin mengatakan selama NATO tidak membuka pangkalan militer di Swedia dan Finlandia, mereka bergabung dengan NATO tidak akan menjadi masalah bagi Rusia....Saya pikir mungkin ada tanda-tanda pergeseran,” lanjutnya.

Dearlove mengatakan ada beberapa foto Putin yang sangat aneh dan menyebut ketukan kakinya selama pertemuan baru-baru ini sebagai "sangat aneh".

Dia berspekulasi bahwa kita semua sedang mencapai akhir dari rezim ini di Rusia tetapi menegaskan bahwa tidak berarti rezim itu akan hilang.

"Apa yang saya katakan selama tahun depan, 18 bulan mungkin sesuatu, itu akan pecah.

"Tidak diragukan lagi bahwa usaha Ukraina ini adalah bencana," imbuh dia.

"Ekonomi sedang kacau, sanksi benar-benar akan mulai menggigit selama tiga hingga enam bulan ke depan, akan ada inflasi yang sangat tinggi dan di atas itu, secara militer itu adalah kegagalan total," paparnya.

Kesehatan Putin telah menurun selama lebih dari lima tahun, menurut sebuah penyelidikan baru media independen Rusia, Proekt, terhadap kondisi pemimpin Kremlin yang memburuk.

Itu terjadi ketika mantan mata-mata Christopher Steele, yang menjalankan "meja Rusia" di MI6 di London, mengatakan bahwa Putin sakit parah dan sekarang membutuhkan perawatan medis sepanjang waktu.

Dia percaya penyakit misterius yang menjangkiti presiden 69 tahun itu telah membuat Kremlin terguncang saat mereka menyeimbangkan urusan kesehatan sang presiden dan perang di Ukraina.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)