Cacar Monyet Menyebar di 8 Negara, Salah Satunya Dekat Indonesia

Jum'at, 20 Mei 2022 - 18:19 WIB
loading...
Cacar Monyet Menyebar di 8 Negara, Salah Satunya Dekat Indonesia
Anak terinfeksi cacar monyet atau monkeypox. Penyakit ini telah muncul di 8 negara di tengah pandemi COVID-19. Foto/Wikimedia Commons/United States Centers for Disease Control and Prevention
A A A
JAKARTA - Kasus cacar monyet (monkeypox) , penyakit akibat virus yang ditularkan melalui binatang, telah menyebar di delapan negara hingga Jumat (20/5/2022). Salah satunya muncul di Australia, negara yang dekat Indonesia.

Penyakit ini bermunculan di negara-negara Eropa dan Amerika, memberi alasan lain kepada otoritas kesehatan setempat untuk khawatir di tengah pandemi COVID-19 yang belum berakhir meski sudah memasuki tahun ketiga.

Sementara pejabat kesehatan berbagai negara mengawasi perkembangan kasus, wabah penyakit ini agak mengejutkan karena infeksi jarang terlihat di luar Afrika sampai sekarang.

Penyakit ini sekarang tampaknya menyebar di antara orang-orang yang tidak melakukan perjalanan ke Afrika dan sebagian besar kasus terdeteksi di antara pria muda. Namun, para pejabat kesehatan telah menekankan bahwa risiko terhadap populasi umum rendah.



Monkeypox ditularkan oleh hewan liar seperti hewan pengerat dan primata, dan terkadang menular ke manusia. Sebagian besar kasus pada manusia terjadi di Afrika tengah dan barat, di mana penyakit ini sudah dinyatakan endemik.

Mengutip AFP, berikut daftar 8 negara tempat kasus cacarmonyet muncul dalam beberapa hari terakhir:

1. Portugal

Otoritas kesehatan Spanyol memperbarui jumlah kasus cacar monyet yang dikonfirmasi menjadi 14 pada hari Kamis ketika wabah penyakit ini meluas di Eropa.

2. Spanyol
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)